Money
5 Langkah Hemat Belanja Fashion, Namun Tetap Gaya

21 Oct 2018

Dok. Pexels.com

 

Survei yang dilakukan VoucherCloud pada lebih dari 2.000 wanita mengungkapkan hasil yang mengejutkan. Lebih dari 50 persen responden menyatakan bahwa mereka mempunyai banyak pakaian di dalam lemari yang tidak pernah sekali pun digunakan.

 

Jika dihitung secara rata-rata, para wanita tersebut menghabiskan uang hingga 500 dolar atau sekitar Rp 6,9 juta untuk pakaian yang tidak pernah dipakai tersebut. Beberapa beralasan bahwa pakaian tersebut ternyata tidak disukai pasangannya, sementara 39 persen mengungkapkan bahwa mereka terlalu malas untuk menukarnya kembali ke toko meski pakaian tersebut tidak muat atau ternyata tidak sesuai dengan keinginan mereka.

 

Baju yang sudah dibeli namun tak dipakai bisa menguras uang. Bijak saat membeli barang-barang fashion bisa membantu Anda berhemat sekaligus mengatur pengeluaran.

 

Apakah lemari pakaian Anda terlihat penuh dan bahkan sulit ditutup karena membludak? Sekarang, coba cek isi lemari Anda! Bisa jadi mungkin hanya beberapa item saja yang sering Anda kenakan sehari-hari. Sebelum memutuskan untuk membeli baju baru, coba lakukan lima langkah berikut agar Anda tetap gaya tanpa harus berbelanja fashion setiap waktu.


1/ Start from the basic

Baju yang bisa Anda pertahankan adalah yang tak termakan zaman seperti sepasang LBD (little black dress) dan atasan putih. Baju-baju ini sangat mudah dipadupadankan sehingga akan sering Anda kenakan.


2/ Singkirkan yang tidak pas

Pernah merasa sayang membuang baju kesayangan yang dibeli tiga tahun lalu karena ukurannya yang sudah mengecil (atau badan Anda yang melebar)? Sudah waktunya untuk menyingkirkan baju tersebut.


3/ Mix & match

Anda bisa tampil baru tanpa harus membeli baju baru. Kuncinya adalah padu padan. Celana denim yang biasa Anda pakai untuk hang out bisa menjadi busana kantor yang stylish saat dipasangkan dengan structured jacket.


4/ Garage sale

Daripada menumpuk di lemari, wardrobe yang tidak pernah dipakai lagi sebaiknya dijadikan sumber pendapatan dengan menggelar garage sale.


5/ Do it yourself

Memang tidak mudah memodifikasi baju sendiri karena Anda harus memiliki keterampilan menjahit. Namun dengan DIY (do it yourself), Anda dapat menciptakan gaya baru pada baju-baju lama. (f)



Baca Juga: 
Ikuti 9 Tip Berikut untuk Menghemat Uang Belanja
5 Hal Penting Dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
Anda Bisa Jual Atau Beli Barang Branded Preloved di Sini

 

 


Faunda Liswijayanti


Topic

#tiphemat