Money
Sulit Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Bank? Coba Aplikasi Modal Tanpa Agunan Ini

10 Oct 2017


Foto: Pexels

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) 2017 mengungkap studi dari International Financial Institution (IFC) pada 2016, bahwa 40 persen wanita pengusaha cenderung meminjam uang ke lembaga selain bank. Dari beragam alasan, yang paling sering dikemukakan adalah rumitnya persyaratan dari bank.
 
Di sisi lain, studi yang sama menemukan bahwa wanita sebenarnya memiliki risiko kredit yang lebih rendah dibandingkan pria. Seharusnya ini bisa menjadi poin penting bagi perbankan untuk memberikan dana permodalan kepada wanita pengusaha. Namun, minimnya literasi perbankan membuat banyak wanita pengusaha memilih untuk tidak memanfaatkan fasilitas permodalan dari bank. Padahal, faktanya hampir setengah dari keseluruhan UKM di Indonesia dimiliki oleh wanita.
 
IWAPI yang beranggotakan 40.000 wanita pengusaha berkolaborasi dengan Bank Commonwealth dalam menyediakan edukasi keuangan dan akses permodalan bagi wanita pengusaha. Salah satunya melalui Bizloan, program berbasis aplikasi milik Bank Commonwealth yang membantu pengusaha UKM dalam mengajukan pinjaman bisnis tanpa agunan dan prosesnya lebih mudah dan gampang diakses secara online melalui ponsel pintar.

“Kami harapkan, BizLoan dapat mendobrak anggapan bahwa pinjaman bank rumit,” kata Ida A Simatupang, Director of SME Banking Bank Commonwealth.
 
Sedangkan Ketua Umum IWAPI, Ir. Dyah Anita Prihapsari, MBA mengatakan kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat wanita Indonesia untuk berwirausaha. (f)
 
Baca juga:
Cek Ini Sebelum Anda Investasi Tanah dan Properti
Ini Alternatif Investasi Selain Deposito yang Dikabarkan Makin Tidak Menguntungkan!
3 Strategi Investasi Reksa Dana


Faunda Liswijayanti


Topic

#bisnis, #permodalan, #bankdigital