Kalau kemahalan, bisa jadi nggak ada yang mau memakai jasa kita. Terlalu murah? Kita sendiri yang bakal terkorlah!
Jika sebelumnya kita pernah bekerja di suatu perusahaan, ini akan lebih mudah karena kita sudah tahu harga kisaran yang berlaku. Ada baiknya juga kita cari tahu ke sesama pekerja lepas, berapa, sih, harga yang berlaku.
Jika menurut kita harga tersebut terlalu rendah, kita bisa menaikkan harga dengan memberikan value lebih kepada klien, sehingga si pemakai mendapatkan manfaatnya.
"Bisa juga kita tanyakan berapa bujet si calon klien. Pilihan ada di tangan kita. Punya standar yang tidak bisa diganggu gugat atau fleksibel. Masing-masing ada keuntungannya. Kalau kita punya standar sendiri, mungkin orang itu nggak berminat bekerja sama dengan kita. Tapi kualitas atau standar kerja kita nggak turun, termasuk kualitas finansial," jelas konsultan karier Donna Turner.
Jika fleksibel, kita lebih bisa mendapat banyak pekerjaan. Jangan lupa, saat bernegosiasi boleh banget tawar-menawar. Jika tidak terjadi kesepakatan, kita bisa memberikan rekomendasi teman yang mau melakukannya dengan harga yang ditentukan calon klien. Yang penting, hubungan baik dijaga terus, ya..CC