Home Interior
Tren Bisnis Tanaman Hias

30 Sep 2018


Foto: Instagram @emilliegarden
 
Berlatang belakang sebagai arsitek lanskap membuat Nelza Yesaya, pemilik Emillie Garden bersinggungan dengan permasalahan masyarakat urban yang ingin menghadirkan lahan hijau di lahan mereka yang sempit. Ia pun mencari solusi untuk menyiasatinya dengan indoor plant yang cantik.
 
Maka dua tahun lalu, ia mulai mencoba menghadirkan indoor plant dengan teknik dari Jepang, Kokedama, ke Indonesia. Awal tahun 2015, kokodema belum banyak  dikenal di Indonesia. Tekniknya terinspirasi dari Jepang, tapi diadaptasi dengan bahan baku yang ada di Indonesia. Lumut yang digunakan berasal dari hutan Indonesia, begitu pula dengan tali goni.
 
Untuk pemasaran ia menggunakan Facebook dan Instagram, namun lebih fokus ke Instagram karena saat ini selain banyak digunakan orang juga ada feed back yang baik di Instagram. Meski tidak memiliki strategi khusus, sambutan konsumen terhadap Emillie Garden cukup antusias. Bisa jadi karena waktu itu kokodema termasuk teknik baru yang unik sehingga memancing rasa ingin tahu dan penasaran masyarakat.

 
Meski begitu,  ia memahami karakter media sosial yang ‘berlari’ cepat sehingga harus selalu update. Misalnya mengenai tanaman yang sedang favorit, seperti monstera yang juga dinobatkan sebagai plant of the year 2017.
 
Berbicara tentang tren, selain mengikuti tren, menurutnya, kita juga harus berani menciptakan tren. Jangan ragu untuk menawarkan hal baru ke pasar. “Seperti pengalaman saya ketika memulai dengan kokedama ini, akhirnya menjadi tren dan booming di Indonesia. Sebagai landscape design consultant, penjualan indoor plant merupakan salah satu product service dari studio kami. Selain itu, kini studio juga kami gunakan juga untuk workshop dan talkshow. (f)

Baca Juga:

Tren Rumah: Tanaman Hias untuk Taman di Rumah Mungil
Beri Sentuhan Hijau untuk Dapur Mungil Anda Ala Nena Febrina Agar Lebih Terang dan Asri
Inspirasi: 3 Taman di Rumah Mungil, Dari Tanaman dalam Pot Hingga Vertical Garden Indoor
 

Faunda Liswijayanti


Topic

#homeinterior, #tanamanhias, #kokedama, #indoorplant

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.