Home Interior
Tip Merawat Cangkir Porselen Selalu Indah

18 Oct 2018


Foto : Shutterstock

Suka mengoleksi cangkir-cangkir porselen cantik seperti Herend, Limoges, atau Quee’s Royal Porcelain? Jangan lupa merawatnya.  Cangkir yang terawat keindahannya, selain membuat bahagia saat dipandang juga akan semakin berharga seiring waktu. Cangkir indah ini juga akan menjadi warisan penuh kenangan untuk puteri Anda di masa datang.

Yuk, simak cara merawat cangkir dari Putu Dian Chandra Dewi yang baru saja menerbitkan buku My Cups Story dengan nama Kireinachan.

1/ Jangan mencuci cangkir pada mesin pencuci piring otomatis.

2/ Cuci menggunakan air hangat dan sabun lembut seperti sabun bayi, langsung setelah digunakan.

3/ Seka hingga kering menggunakan lap yang lembut sebelum disimpan.

4/ Letakkan dengan alas yang lembut dalam kotak khsusus atau berbaris rapi di lemari

5/ Untuk merawat label yang sudah pudar, gunakan baking soda dan spons yang lembut atau bisa juga memakai pasta gigi. Hindari menggunakan spons yang terlalu kasar agar tidak memudarkan warna dan pinggiran emasnya.

6/ Noda yang menempel pada cangkir bisa dihilangkan dengan merendamnya semalaman menggunakan susu hangat, kemudian bilas menggunakan sabun lembun dan air hangat

7/ Debu yang melekat terlalu lama bisa membuat cangkir kusam dan menurun keindahannya. Paling tidak seminggu sekali cangkir-cangkir dan tatakannya harus dimandikan. “Saya paling suka melihat cangkir ketika dicuci. Di dalam air mereka terlihat sangat berkilau dan lebih indah,” ujar Chandra.

8/ Minuman yang terlalu panas bisa menimbulkan keretakan dan noda pada cangkir. Untuk menghindari kerusakan pada cangkir karena minuman yang dituangkan terlalu panas, lebih baik menuangkan creamer atau susu terlebih dahulu untuk menetralkan kondisi cangkir. (f)

Baca Juga:

Pengaruh Dinding Rumah Terhadap Kesehatan Keluarga
Meski Tidak Rusak Parah, Periksa Bagian Rumah Ini Setelah Terjadi Gempa
Tren Bisnis Tanaman Hias

Nuri Fajriati


Topic

#homeinterior, #teacup, #cangkirteh, #teh, #hightea