Home Interior
Strategi Jadi Kolektor Cangkir Bernilai Seni dan Berharga Tinggi

25 Oct 2018


Foto: Shutterstock

Bagi sebagian orang cangkir bukan sekadar alat untuk menampung teh atau kopi sebelum dinikmati. Cangkir yang indah dan bernilai seni bisa menjadi sumber inspirasi, memiliki romantisme, bahkan investasi. Karena itu tak heran jika banyak orang menjadikan cangkir sebagai koleksi. Jangan salah, satu set cangkir bisa berharga ratusan ribu hingga jutaan ribu rupiah, lho.

Cangkir dengan merek Queen’s Royal Porcelain yang biasa digunakan keluarga kerajaan Inggris adalah salah satu yang paling digemari oleh kolektor.  Inggris yang terkenal dengan tradisi high tea membuat artisan cangkir tumbuh subur. Sebut saja brand Wileman, Chintz, dan Royal Albert. Tapi bukan cuma Inggris, negara seperti Prancis dan Jepang, Hongaria, hingga Austria juga jadi tempat para kolektor berburu.

Tertarik untuk menjadi kolektor cangkir? Putu Diah Chandra Dewi, kolektor cangkir asal Bali  mengungkapkan, perjalanan untuk mendapatkan cangkir yang ia sukai ternyata juga perlu perjuangan emosional. Karena kadang cangkir yang ia inginkan sudah keburu dibeli kolektor lain.

“Ada perasan tidak rela bila cangkir tersebut tidak jatuh ke tangan saya. Namun saya harus mengikhlaskannya sambil berharap mendapat pengganti yang lebih bagus lagi,” ungkapnya dalam buku My Cup Story.

Ia pun membagi tip untuk Anda yang ingin mulai menjadi kolektor cangkir:

# Pelajari sejarah cangkir, pernbedaan pegangan tangan (handle), bentuk, dan motifnya.

# Pelajari kategori cangkir, mana label yang paling disukai.

# Bertemu dengan sesama penggemar cangkir dan berbagi pengalaman tentang memperoleh cangkir yang didapat, berikut cara mendapatkan cangkir yang diinginkan.

# Sesuaikan tema koleksi untuk menentukan cangkir yang ingin dikoleksi.

# Bisa membedakan bahan baku dari setiap cangkir.

# Bila membeli cangkir secara online, pastikan ada kebijaksanaan dari penjualnya untuk pengembalian barang yang tidak sesuai atau rusak.

# Jika ingin membeli cangkir yang pernah diperbaiki, tanyakan secara detail kepada penjualnya bagian yang telah rusak, apakah masih bisa berfungsi atau tidak.

# Harus ada tempat untuk menaruh koleksi-koleksi itu dan sering digunakan.

# Jangan lupa merawatnya dengan baik, tidak hanya menjadi pajangan berdebu. (f)

Baca Juga:


Tip Merawat Cangkir Porselen Selalu Indah
Pengaruh Dinding Rumah Terhadap Kesehatan Keluarga
Wijaya Kusuma, Bunga Yang Dikagumi Keindahannya di Film Crazy Rich Asians
 
 

Nuri Fajriati


Topic

#homeinterior, #teacup, #investasi

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.