Home Interior
Meski Tidak Rusak Parah, Periksa Bagian Rumah Ini Setelah Terjadi Gempa

4 Oct 2018

Foto: Pixabay
 
Gempa yang kerap terjadi di Indonesia bisa memengaruhi bangunan yang kita huni. Meski pascagempa bangunan terlihat baik-baik saja dan tidak sampai rubuh, bukan berarti kita boleh lengah. Meski sedikit, getaran mungkin memengaruhi hunian kita. 

Ada baiknya jika kita memeriksa kondisi hunian, dan jika menemukan ketidakberesan segera diperbaiki sehingga mencegah kerusakan yang lebih parah, dan bisa membahayakan keselamatan kita dan keluarga. 

Berikut adalah beberapa bagian rumah yang perlu kita periksa:

1. Bagian Atap

Perhatikan apakah ada genting yang bergeser atau hampir jatuh, plafon yang retak, dan apakah sambungan antara atap dan tembok tidak berubah. Periksa juga apakah ada rangka atap atau kayu penopang rumah yang retak.

2. Bagian Luar Rumah

Perhatikan fondasi rumah, apakah ia bergeser, menurun, atau mengalami retak. Periksa apakah ada lubang atau tanah yang melesak di sekitar fondasi. Perhatikan apakah ada retak pada dinding luar rumah, tangga, dan pagar. Yang terpenting, perhatikan apakah rumah secara keseluruhan terlihat tetap tegak lurus atau menjadi miring.

3. Bagian Dalam Rumah

Selain perabot yang mungkin mengalami kerusakan karena bergeser, periksa lantai apakah ada yang melesak atau mencuat ke luar, dan apakah ada  kaca pada jendela mengalami retak atau lepas dari bingkai. Perhatikan apakah pintu dan jendela menjadi sulit ditutup dan dikunci. Perubahan posisi atau ketinggian bisa memengaruhi ini.

4. Instalasi pipa air, gas, dan listrik

Perhatikan apakah air bisa mengalir lancar, jika Anda menggunakan pompa air, pipa air bisa saja berubah posisi atau mengalami kerusakan. Periksa secara seksama saluran pipa gas instalasi listrik. Jika ada kejanggalan, segera perbaiki.

Kerusakan akibat gempa bisa saja tidak terjadi segera setelah gempa, tapi bisa juga perlahan. Kalau pun tidak memengaruhi konstruksi bangunan tapi jika tidak segera diperbaiki, bisa membuat dinding yang merekah bisa lebih cepat lembap dan ditumbuhi jamur. Sementara fondasi yang retak bisa membuat rumah lebih rentan saat gempa terjadi lagi. (f)

Baca Juga:

Tren Bisnis Tanaman Hias
7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Desain Kamar Mandi


Nuri Fajriati


Topic

#gempa, #homeinterior

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.