Home Interior
4 Tip Desain Kamar Tidur Gaya Modern Kontemporer

1 Mar 2017


Foto: Dok. Henny Ramli

Sebagai ruang ‘hibernasi’, kenyamanan kamar tidur adalah faktor yang utama. Bahkan, ruang istirahat ini harus memungkinkan menjadi ruang inspirasi. Apalagi jika bersatu dengan sudut kerja. Untuk Anda yang ingin mendesain kamar tidur dengan gaya modern kontemporer, desainer interior Henny Ramli memiliki tipnya untuk Anda.

Memadukan elemen seni kontemporer ke dalam konsep modern di area kamar seluas 45 m², diawali Henny dengan menyusun layout yang menyesuaikan kegiatan pengguna. Tujuannya, agar tercipta sirkulasi gerak yang nyaman. Dilanjutkan dengan penyusunan bentuk mebel dan pembagian panel dinding berdasarkan area masing-masing.

Dalam pemetaannya, area tidur dibuat menyatu dengan area TV dan area kerja. Sementara area yang lebih privat diisi dengan walk-in-closet dan area rias yang terhubung dengan toilet. “Pengelompokan area ini untuk memudahkan sirkulasi gerak pengguna sesuai aktivitas yang dilakukan,” terangnya.

Ada dua kesulitan yang dialami Henny dalam merancang desain kamar tidur ini. Pertama, area walk-in-closet yang sempit. “Agar bisa mendapatkan tempat penyimpanan yang lebih banyak, desain lemari saya buat hingga menyentuh batas plafon menggunakan pintu geser. Cara ini juga membuat kesan ruangan terlihat tinggi.

Kedua, keinginan penghuni kamar untuk menjadikan area walk-in-closet dan area rias sebagai area paling pribadi. “Agar terlihat jelas pemisahan fungsi ruang walk-in-closet dengan area tidur, maka saya gunakan pintu kamuflase, menggunakan sliding door yang diposisikan di area wallpanel backdrobe bed,” tambah Henny.

Menciptakan trik ilusi ruang ini kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan bronze mirror di beberapa titik agar ruang tampak lebih luas. Begitu pula dengan membuat garisan vertikal pada desain panel dinding yang berdampak kesan ruang lebih tinggi.

Pemilihan warna natural seperti warna kayu dengan tekstur serat halus turut mendukung kesan ruang terlihat lebih luas. Begitu juga dengan warna lembut krem pastel pada panel dinding di keseluruhan dinding berbahan oakwood yang turut menciptakan suasana hangat. Untuk membedakan area kerja, warna panel kayu dipilih agak gelap agar terlihat kontras dengan area sekitarnya.

Sebagai elemen pendukung lukisan, patung, dan vas keramik monokromatik menjadi penunjang gaya kontemporer. Sementara elemen modern terlihat pada kursi kerja, gabungan meja TV dan meja kerja dengan material kayu dan stainless steel.

Berikut empat tip untuk menyempurnakan desain kamar modern kontemporer.

1. Biarkan pencahayaan alami banyak menerobos lewat dinding kaca. Sementara untuk menciptakan efek dramatis, buat permainan cahaya dari drop ceiling dengan memberi hidden light agar suasana terasa hangat.

2. Pilih bahan kayu oakwood karena teksturnya halus dan tetap menonjolkan keindahan serat pada furnitur dan panel dinding.

3. Pemilihan warna mebel harus kontras dengan warna dinding, tapi tetap dalam satu tone warna agar terlihat senada.

4. Penataan mebel dan dekorasi penunjang harus tepat agar tercipta sirkulasi yang nyaman sesuai dengan kegiatan pengguna. (f)

Baca Juga:


Betrina Larobu


Topic

#desainkamartidur

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.