Health & Diet
Upaya Agar eSPORTS Mendapat Pengakuan dan Dipertandingkan di Ajang PON

24 Jan 2019


Dok: Unsplash @rxspawn

Olahraga elektronik atau eSports merupakan permainan kompetif, berhubungan dengan strategi waktu, perkelahian, tembak-menembak dan lain-lain ini memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia, mulai dari amatir hingga profesional. Pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan palembang pada Agustus tahun lalu, untuk pertamakalinya eSports dipertandingkan dalam ajang olah raga se Asia sebagai cabang olahraga dalam pertandingan eksibisi. 

Meski eSport sudah terdaftar dalam Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), untuk pengembangan kedepannya olahraga ini tetap memerlukan pengakuan lebih dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menjadikannya sebagai salah satu cabang olahraga dan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).


Foto: Dok. PKPI

Menurut Diaz Hendropriyono, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), pengakuan pada eSport akan menjadi dasar sekaligus kemudahan untuk atlet eSports ke depannya, seperti jaminan hari tua. PKPI pun mendukung agar eSport segera mendapat pengakuan dari pemerintah dengan memperjuangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Keolahragaan Elektronik. Dari sisi infrastruktur, PKPI akan mendorong agar setiap provinsi memiliki stadion eSports yang dapat menyelenggarakan kompetisi bertaraf internasional serta memperjuangkan terciptanya tim nasional eSports Indonesia untuk berbagai macam game. 

“Penyelenggaraan Indonesian eSports Games (IEG) 2018 yang didukung sepenuhnya oleh PKPI menjadi salah satu dukungan nyata,” kata Diaz dalam acara konferensi pers Final Indonesian eSports Games (IEG) 2018 di Jakarta, Selasa (22/1/2019). Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Ketua Departemen eSports PKPI, Yudi Kurniawan, Ketua Penyelenggara IEG 2018 Frans Silalahi, dan influencer eSports Monica Carolina alias Nixia. 

Babak grand final Indonesian eSports Games (IEG) 2018 sendiri akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 26-27 Januari 2019 mendatang. (f)

Baca Juga:
Intensitas Hujan Kembali Tinggi, Waspada Deman Berdarah! Ini Cara Mencegahnya

Mitos dan Fakta Tentang Makanan-Makanan Pemicu Kanker

 

Desiyusman Mendrofa


 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.