Health & Diet
Trik Diet Aman di Pesta

14 Dec 2016


Foto: Fotosearch

 
Banyaknya undangan acara seperti memaksa Anda berkhianat pada program diet ketat yang tengah dijalani. Atau yang ekstrem Anda sama sekali bermusuhan pada hidangan pesta malam. Berikut trik aman saat bersantap di pesta.
 
- Boleh makan di atas jam 7, asal...
Setelah pesta tetap lakuakn akivitas tingkat sedang yang emmbakar kalori (jangan l
langsung tidur atau bermalasn). Hendarmoko Budi Prasetijo, SKM, ahli nutrisi di RS Premiere Surabaya, mengatakan, tak masalah jam berapa selesai makan makam, asalkan Anda baru tidur 2-3 jam setelahnya. Bila lamanya kurang dari itu, akan ada risiko terjadi penumpukan kalori, karena makanan yang telah dikonsumsi tidak terbakar.
 
- Ambil yang menarik
Di acara pesta, biasanya jenis makanan yang tidak biasa atau mewah, disajikan secara khusus. Biasanya pula, makanan inilah yang dipilih dulu karena lebih memauskan lidah. Ambil secukupnya, nikmatlah, lalu menjauhlah. Jadi Anda tidak lagi tergiur makanan berat lainnya.
 
- Jauhi meja buffet
Ingin makan dari sajian prasmanan atau buffet? Ambil secukupnya, lalu menjauhlah. Dengan begitu kecil kemungkinan Anda ingin tambah. Begitu juga bila makan sambil mengobrol dengan teman, kolega atau kerabat, kemungkinan besar Anda jadi enggan untuk kembali ke meja buffet.
 
- Pilih Makanan Berserat
Jika Anda ingin mengontrol berat badan, pilih menu makanan berserat tinggi, rendah lemak, dan rendah kalori. Hidangan seperti asinan, aneka salad, sayur kukus, aneka buah segar, sebaiknya dijadikan pilihan pertama. Dengan begitu Anda akan merasa kenyang, sehingga tak banyak mengonsumsi jenis makanan lain.

Atau bisa juga, tutup acara makan Anda dengan makanan tinggi serat , namun, jaraknya tak lebih dari 2 jam sejak menikmati hidangan utama. Jadi sesampi di rumah, makan sebutir apel atau jeruk.
 
- Jangan Lupa Protein
Pilih menu lauk berupa sumber protein yang rendah lemak. Ikan, ayam, daging, atau tahu yang tidak digoreng dan tidak bersantan, sebaiknya menjadi pilihan utama. Lupakan jenis gulai atau makanan bersantan kental lainnya.
Lebih baik pilih jenis lauk berkuah bening, seperti sup atau soto Bandung. Atau lauk yang dibakar serta dipanggang.
 
- Selalu Ada Ruang Untuk Dessert
Makanan penutup adalah salah satu bintang pesta yang sungguh syaang dilewatkan. Bila Anda memang tidak bisa melewatkan cheesecake atau puding karamel, Anda harus rela tidak mengonsumsi makanan utama. Sebagai catatan, Anda tidak perlutambah porsi kedua.
 
- Apa Minumnya?
Minuman ringan atau sirop sebaiknya tak disentuh. Karena, belum apa-apa Anda akan ketambahan puluhan kalori yang nilai gizinya kecil. Sebelum mulai bersantap, ada baiknya minum segelas air putih. Dengan demikian perut terasa penuh.
 
- Pesta ? Makan Banyak
Pesta bukanlah saatnya makan besar atau makan banyak. Pikirkan bahwa di pesta pun kita bisa makan sehat dengan mengontrol jenis dan porsi makanan yang masuk. Prinsipnya, mengurangi asupan kalori dan lemak harus ada dalam niat dan pola pikir Anda. Karena tanpa niat yang kuat, Anda akan mudah tergoda dan kurang disiplin memilah makanan. (f)



Topic

#Makandipesta

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.