Health & Diet
Tren Kebugaran dan Kesehatan 2019

5 Jan 2019


Foto: Shutterstock

Banyak keseruan baru yang akan membuat Anda makin bugar tahun ini. 

1/ Serba Digital
 
Teknologi digital ikut memengaruhi dunia kebugaran. “Layanan seperti online trainer, booking studio melalui website dan aplikasi, sebenarnya sudah mulai bermunculan di sepanjang tahun 2018, dan akan tetap populer di tahun 2019,” terang Dinda Utami, pelatih dari APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia).

Selain itu, penggunaan jam tangan atau ponsel yang dapat menelusuri aktivitas fisik yang dilakukan oleh penggunanya, makin canggih. Namun, sejumlah ketidakakuratan monitoring masih dijumpai pada alat-alat tersebut. Nah, ketidakakuratan ini yang kemudian akan dikoreksi oleh para produsen.

Sementara itu, aplikasi olahraga mobile seperti Nike Run Club dan MapMyRun atau Ride, sudah memasukkan unsur audio dan visual untuk memulai dan mengakhiri latihan serta isyarat untuk melanjutkan latihan kembali.
 

2/ Functional Training
 
Seperti tahun sebelumnya, dikatakan Dinda, high intensity functional training, yaitu kombinasi circuit training (melakukan kombinasi dari beberapa gerakan menjadi satu set) dengan high intensity interval training (istirahat antara gerakan dan set yang singkat) yang menggunakan berbagai alat portabel, masih menjadi primadona di beberapa studio kebugaran kecil hingga menengah. Studio kebugaran yang memiliki keunikan tersendiri, seperti boxing oriented class dengan lagu-lagu yang energik akan bermunculan, termasuk kelas barre yang mengombinasikan antara balet dan gerakan bodyweight training.

Functional training, menurut pakar kebugaran Jansen Ongko, memang tetap akan jadi hits dan popularitasnya bakal terus naik di tahun mendatang. Functional training, seperti disebutkan Mayo Clinic, adalah melatih otot-otot tubuh bekerja bersama-sama dan menyiapkannya untuk kegiatan sehari-hari. Caranya adalah dengan menstimulasi gerakan-gerakan yang biasa dilakukan di rumah, di tempat kerja, atau saat berolahraga. Peralatan olahraga seperti bola, kettlebell, dan beban, kerap dipakai untuk functional training.

Sejumlah functional training ada yang melibatkan banyak sendi dan otot, seperti multidirectional lunges ataupun standing bicep curls. Multidirectional lunges membantu mempersiapkan tubuh untuk aktivitas yang umum dilakukan, seperti ketika sedang membersihkan ruangan dengan vacuum cleaner.
 



Topic

#kesehatan, #kebugaran, #tren, #trenbugar, #inovasi, #yoga