Health & Diet
4 Tip Liburan Menyenangkan Tanpa Mabuk Perjalanan

23 Apr 2019


Dok. Unsplash
 
 
Berlibur tentu jadi kegiatan yang ditunggu-tunggu untuk hilangkan penat akibat rutinitas. Tapi jangan sampai mabuk perjalanan mengganggu liburan Anda. Masalah ini bisa dihindari tanpa harus meminum obat anti mabuk seperti saran dari dr. Felix Samuel, dokter umum dan Kepala Unit Emergency Rumah Sakit Pondok Indah - Pondok Indah. 
 
1. Hindari main ponsel dan membaca
Mabuk perjalanan disebabkan karena adanya gangguan pada pusat keseimbangan, yaitu antara keseimbangan saraf pusat yang ada di otak dan keseimbangan perifer di mata, telinga dalam, otot dan sendi. Menatap layar ponsel atau membaca memicu ketidaksesuaian pada keseimbangan saraf-saraf tersebut, sehingga timbul rasa pusing, mual, atau bahkan muntah.
 
2. Lakukan kegiatan menyenangkan selama dalam perjalanan
Ada sejumlah kegiatan selain membaca dan main ponsel yang bisa Anda lakukan di perjalanan, seperti mendengar musik, berbincang, atau sekadar melihat pemandangan luar. Jika Anda dalam perjalanan jarak jauh dengan kereta atau pesawat, sesekali Anda dapat berjalan di lorong kursi penumpang untuk kurangi rasa mabuk kendaraan. Berjalan atau melihat pemandangan di luar kendaraan juga dapat membuat pusat keseimbangan otak dan perifer bekerja secara sinkron, sehingga mabuk perjalanan bisa dihindari.
 
3. Pilihlah makanan yang baik sebelum bepergian
Hindari makanan pedas dan berlemak. Makanan semacam ini dapat merangsang rasa mual. "Jangan sampai makanan yang dikonsumsi merangsang atau menimbulkan mual, terutama makanan pedas atau yang terlalu banyak lemak. Jadi itu memperberat, merangsang keluhan mual muntahnya," papar dr. Felix.

4. Perhatikan sirkulasi udara kendaraan Anda
Udara sejuk di dalam kendaraan dapat mencegah tubuh berkeringat dan ringankan mual. Jika memungkinkan, bukalah jendela kendaraan agar sirkulasi udara berganti dengan baik. Sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi rasa mabuk. (f)


BACA JUGA:
Mitos dan Fakta Tentang Makanan-Makanan Pemicu Kanker
5 Resolusi Untuk Tulang Sehat
5 Alasan Tidak Bisa Tidur Saat Malam, Salah Satunya Karena Media Sosial

 


Topic

#Liburan, #traveling, #mabuk

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.