Health & Diet
Ketimbang Pria, Wanita Lebih Rentan Jadi Emotional Eater?

20 Dec 2018


Foto: Dok. Unsplash


Pernahkah Anda termasuk orang yang kalau semakin banyak tekanan alias stres, semakin terdorong untuk makan? Anda tidak sendiri. Penelitian menemukan wanita lebih rentan mengarah ke makanan sebagai pelarian. Faktanya, sebanyak 30% wanita mengatasi stres dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Ini lebih besar ketimbang 24% pria yang mengalami hal serupa. Demikian temuan dari Unilever - Indonesia tentang emotional eating yang diungkap dalam pertemuan  Jakarta Food Editor's Club yang digagas Unilever Indonesia.

Lebih jauh data tersebut juga menemukan kecenderungan jenis makanan yang diinginkan saat stres. 30% wanita dan 19% pria cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti camilan yang digoreng.

"Ada hubungan erat antara sistem pencernaan dan otak sebagai pusat pengatur lapar-kenyang dan pengatur emosi. Secara psikologis, ketika kita sedang merasa tidak nyaman, tubuh bereaksi mencari sesuatu yang lebih baik sebagai mekanisme pertahanan diri," ujar psikolog dari 
klinik LightHOUSE Jakarta Tara de Thouars. 

Penelitian di klinik LightHOUSE Jakarta menunjukkan, sebagian besar pasien obesitas mereka adalah emotional eater memiliki kaitan dengan gangguan makan lainnya. Tanpa penanganan, emotional eating bisa menjurus ke gangguan makan yang lebih parah, seperti binge eating, compulsive eating, serta bulimia. 

Oleh karenan itu, kesadaran tentang pola makan sehat harus terus digiatkan. Unilever, sebagai payung dari berbagai produk makanan, bahkan mengambil inisiatif inovasi produk demi mendukung hidup yang lebih sehat. Kandungan garam di Royco - Bumbu Siap Pakai telah sesuai rekomendasi WHO. Kandungan gula Buavita berkurang 36%. Hadir juga Kecap Bango Light yang diformulasikan 30% lebih rendah gula. Kadar lemak, gula, dan kalori di dalam es krim Paddle Popo yang ditujukan untuk anak juga dibatasi. Disebutkan bahwa hidup sehat adalah salah satu dari 9 pilar Unilever Sustainability Living Plan (USLP).  (f)

Baca juga: 

7 Kiat Sederhana Menghilangkan Stres di Tempat Kerja
Makan Sehat Itu Dimulai Dari Rumah


 

Trifitria Nuragustina


Topic

#kesehatan, #diet, #gangguanpolamakan, #eatingdisorder