Health & Diet
Jangan Anggap Remeh Sariawan Yang Tak Sembuh-Sembuh, Lakukan SaMuRi

13 Dec 2018


Foto: Fotosearch
 
Jangan anggap remeh sariawan yang tidak sembuh-sembuh dan tidak terasa sakit. Menurut drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp. PM, Ph.D, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI), setiap perubahan yang terjadi pada rongga mulut harus diperhatikan, salah satunya adalah luka yang tidak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan.  Berdasarkan pengalamannya menangani pasien, banyak orang tidak menyadari menderita kanker rongga mulut karena tidak ada rasa sakit dan tidak mengetahui tanda-tandanya.

Saat mengalami luka di rongga mulut, kebanyakan orang hanya menganggap itu sariawan yang tidak berbahaya. Setelah menggunakan obat bebas topikal, mereka beranggapan bahwa itu bukan sesuatu yang serius dan perlu perhatian lebih. Akibatnya, kanker rongga mulut baru diketahui setelah stadium lanjut. Tak heran kalau kematian akibat kanker rongga mulut sangat tinggi, yaitu 50%.  Menurut drg. Rahmi angka bertahan hidup pasien rongga mulut tergolong kecil, di bawah 3 tahun.

Karena itu baru-baru ini ISPMI mengajak masyarakat untuk melakukan SaMuRi atau Periksa Mulut Sendiri. Seperti SaDaRI yang disosialisasikan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker payudara, SaMuRI juga ditujukan untuk menemukan gejala awal kanker rongga mulut. "Jika lesi pra kanker dapat ditemukan lebih cepat dan belum menyebar, respon pengobatan masih baik, harapan hidup pasien dapat meningkat lebih dari 80% atau di atas lima tahun. Angka kematian akibat kanker rongga mulut pun dapat diturunkan," ujar drg. Rahmi.

SaMuRi sebetulnya sangat sederhana,  yaitu:

# Cuci bersih tangan Anda.

# Sambil menghadap cermin, perhatikan daerah dalam mulut yang biasanya paling awal mengalami gejala kanker rongga mulut, yaitu bibir atas, bibir bawah, pipi kanan, pipi kiri, seluruh lidah terutama bagian tepi lidah, bagian bawah lidah, serta langit-langit mulut.

# Perhatikan apakah ada perubahan warna (merah, putih, atau merah), bentuk, tekstur, dan kekenyalannya.

# Lakukan SaMuRi minimal satu kali seminggu.

# Jika menemukan perubahan, segeralah  berkonsultasi dengan dokter gigi. Ingat, dokter gigi itu tidak hanya merawat gigi dan gusi, mereka juga memiliki keahlian untuk membantu Anda menjaga kesehatan rongga mulut, salah satunya gigi. (f)

Baca Juga: 

4 Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Ini Tanda-tanda Anda Terancam Stroke

6 Hal yang Bisa Membantu Mengurangi Risiko Kanker Payudara


Nuri Fajriati


Topic

#kesehatan, #kanker

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.