Health & Diet
Bikram Yoga untuk Membakar Kalori dan Menenangkan Pikiran

11 Jul 2016


Foto: Fotosearch

Bikram yoga merupakan salah satu bentuk hatha yoga (latihan fisik ringan melalui penguasaan tubuh dan napas) yang memiliki 26 rangkaian asana atau postur. Dikenal juga sebagai hot yoga karena dilakukan dalam suhu ruangan 38-42 derajat Celcius.

Menurut Mony Suriany, instruktur sekaligus pemilik Studio Bikram Hot Yoga, 26 postur dalam bikram yoga dirancang untuk memanaskan dan meregangkan otot, sendi, dan urat secara berurutan dan beraturan. Manfaat bikram yoga, tuh, banyak banget!

“Postur tersebut akan mengalirkan darah segar yang teroksigenase 100% kepada tubuh sehingga dapat memperbaiki seluruh sistem di dalam tubuh agar menjadi lebih sehat. Berat badan ideal, terbentuknya otot, hingga kebahagiaan akan mengikuti secara otomatis.”
 
Asyiknya lagi, bikram yoga dapat dilakukan oleh semua orang yang punya mindset dan ingin sehat. Jadi, bebas batasan umur, gender, kondisi fisik maupun kesehatan.

“Sekalipun Anda tidak pernah berolahraga atau tidak dalam kondisi fisik yang prima, bikram yoga adalah cara termudah dan tercepat untuk menjaga kesehatan. Bikram always said, ‘It’s never too late, too old or too sick to start yoga’. Jika Anda berlatih secara teratur maka bikram yoga dapat mengurangi gejala-gejala penyakit kronis sekaligus menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa,” kata Mony.

Mony menambahkan bahwa pemula nggak perlu terintimidasi oleh suhu ruangan yang panas.

“Berada di tempat yang panas bukanlah hal yang menyenangkan, namun bikram yoga mengajarkan seseorang agar tetap dapat menikmati dan mengambil sisi positif meskipun berada di tempat yang tidak enak. Akan berbeda bila Anda sudah berada di kelas. Suhu bakal jadi hal terakhir yang ada di pikiran karena Anda akan sibuk praktik. Soal hasil, sih, tergantung pada ketekunan, teknik, serta usaha masing-masing karena setiap manusia unik.” (f)

Alice Larasati


Topic

#yoga

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.