Health & Diet
8 Fakta Pelukan Berguna untuk Kesehatan

15 Jul 2017


Foto: Fotosearch

Coba hitung dalam sehari berap kali, sih, Anda memeluk orang tersayang Anda? Jika jarang atau hanya seminggu sekali, berarti rugi banget. Sebab pelukan punya banyak manfaat positif untuk tubuh kita. Cek faktanya, nih.

- Menurut penelitian University of North Carolina AS, memeluk meski hanya semenit akan meningkatkan hormon oksitosin yang akan membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi cemas.

- Universitas of Kansas AS meyatakan pelukan erat selama 10-20 detik juga melancarkan sirkulasi darah dan oksigen sehingga menyegarkan tubuh.

- Di Sidney, Tokyo, London, dan Georgia selalu diadakan kampanye Free Hugs setiap hari Sabtu pertama Juli. Relawan akan turun ke jalan untuk memeluk siapa saja yang membutuhkan. Maksudnya agar penduduk selalu penuh cinta dan bebas depresi. So sweet.

- Pelukan 8 kali sehari akan meningkatkan produksi sel darah putih yang bermanfaat menjaga kekebalan tubuh kita dari serangan virus dan bakteri.

- Peluk orang tersayang saat Anda kesal, karena pelukan akan menambah kadar hormon serotonin untuk meningkatkan mood.

- Manfaat pelukan hampir sama dengan meditasi, yaitu menambah energi dalam tubuh kita sehingga nggak mudah lelah dan lebih konsen saat bekerja.

- Peluk orang terdekat saat kita ketakutan, karena pelukan pacar bakal membuat denyut jantung lebih normal yang efeknya menenangkan pikiran. (f)


Saparinah Mumpuni



Topic

#manfaatpelukan

 

polling
Uang Elektronik

Belakangan ini segala transaksi dilakukan secara nontunai. Yap, bisa dibilang kini kita bergantung pada uang elektronik (seperti Flazz - BCA, e-money - Mandiri, hingga BRIZZI - BRI) untuk pembayaran transportasi online, makan di restoran, hingga tol.

Berapa jumlah uang elektronik yang Anda miliki?