Health & Diet
5 Resolusi Untuk Tulang Sehat

2 Jan 2019

Foto: Pixabay

Jangan cuma uang, kepadatan mineral tulang juga perlu ditabung sejak muda untuk mengurangi risiko tulang keropos alias osteoporosis di masa datang. Mengapa tidak jadikan ini sebagai salah satu resolusi tahun ini?
 
Tenang saja, untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang tak berarti Anda harus ke gym setiap hari, kok. Anda bisa melakukan cara sederhana yang mudah dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tetap memberi manfaat. Seperti berikut ini:

1/ Latihan beban sambil belanja di supermaket
Sambil mengantre di kasir, daripada main telepon selular terus menerus, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan mengangkat botol minuman atau sekantung buah untuk menguatkan pergelangan tangan. Abaikan pandangan orang lain.

2/ Berjalan ke mana saja 
Jadikan kegiatan sehari-hari Anda untuk melatih otot dan meningkatkan kepadatan tulang kaki dan pinggul. Manfaatkan trotoar, gunakan tangga ketimbang lift atau tangga berjalan, dan tidak sedikit-sedikit pakai kendaraan untuk mencapai suatu tempat, misalnya. 

3/ Bersenang-senang dan dapatkan bonus
Sering-seringlah bermain aktif dengan anak atau teman, seperti bermain bulutangkis, berkejaran di lapangan, berkebun, atau menari ketimbang sekadar makan-makan. Tak hanya membuat hubungan Anda dengan anak atau teman jadi makin akrab, kegiatan yang menyenangkan tadi akan  membuat tulang lebih sehat sekaligus menurunkan stres.

4/ Kuatkan pergelangan tangan sambil menikmati drama televisi
Siapa bilang Anda tidak bisa sehat karena asik nonton drama Korea? Di saat adegan tidak penting atau kapan saja Anda mau, Anda bisa melakukan latihan keseimbangan atau kekuatan, seperti berdiri dengan satu kaki, mengangkat dumbbell, atau melakukan plank selama beberapa menit. Tidak ada waktu yang tersia-sia, bukan?

5/ Berlatih di sela pekerjaan 
Banyak pekerja dan tidak ada waktu sering jadi alasan untuk tidak melakukan latihan yang dapat membuat tulang mencapai kepadatan optimal dan menguatkan otot. Anda bisa meningkatkan kekuatan pergelangan tangan dengan melakukan push-up pada dinding atau meja. Bisa juga siapkan stress ball atau bola karet yang bisa Anda remas perlahan dan kuat sambil bekerja. (f)

Baca Juga:
Jangan Anggap Remeh Sariawan Yang Tak Sembuh-Sembuh, Lakukan SaMuRi
Lebih Sehat dengan Clean Eating
Masyarakat Indonesia Kurang Peduli Gaya Hidup Sehat?


Nuri Fajriati


Topic

#kesehatan, #tulangsehat