Health & Diet
5 Alasan Tidak Bisa Tidur Saat Malam, Salah Satunya Karena Media Sosial

20 Dec 2018


Dok. Unsplash
 

Sudah satu jam tiduran di kasur, tapi tidak juga bisa terlelap. Anda pernah merasakannya? Apakah karena terlalu banyak pikiran atau karena mengonsumsi kopi setelah makan malam?
 
Sesungguhnya, ada segudang alasan mengapa seseorang tidak bisa tidur, kendatipun tubuh sudah merasa lelah atau ngantuk. Mulai dari alasan medis hingga disebabkan oleh suhu kamar yang membuat Anda merasa tidak nyaman.
 
Berikut ini beberapa alasan umum yang membuat Anda susah tidur di malam hari:
 
1/ Terlalu banyak kafein
 
Minum minuman yang mengandung kafein terlalu  banyak seperti menciptakan lingkaran setan. Misal, dimulai dari bangun dalam keadaan kurang tidur yang membuat Anda menenggak kopi untuk membuat tetap terbangun. Tetapi tanpa disadari Anda justru jadi terlalu banyak minum kopi, sehingga menyebabkan Anda kembali tidak dapat tidur saat malam.
 
Putuskan siklus ini dengan hanya mengonsumsi maksimal 400 mg kafein, atau setara dengan empat cangkir kecil kopi dan tidak meminumnya di atas jam 2 siang.
 
2/ Tidak bisa berhenti melihat media sosial
 
Menyaksikan tutorial make-up di Youtube atau melihat lini masa Instagram teman yang sedang liburan di tempat tidur memang terasa nyaman dan menghibur. Tapi tahukah kamu melihat layar ponsel juga dapat menjadi penyebab Anda kesulitan tidur lebih cepat.
 
Layar ponsel yang memancarkan cahaya biru dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur tubuh untuk terbangun atau tertidur. Alih-alih membuka media sosial sebelum tidur, baca buku fisik (bukan di layar ponsel atau tablet) akan membuat Anda tidur lebih mudah.
 

Citra Narada Putri


Topic

#tidur, #mediasosial, #kesehatan

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.