Health & Diet
3 Cara Lawan Nyeri Datang Bulan Tanpa Minum Obat

5 May 2019

Foto: Vanessa Ramirez/ Pexels

Sering merasa tak berdaya saat hari pertama menstruasi? Anda tak sendiri. Lebih dari 50% wanita usia produktif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, mengalami gangguan nyeri menstruasi atau dismenore. 

“Dampak dismenore yang dialami tiap wanita berbeda, mulai dari sulit bergerak dan berbicara, area rahim dan perut yang terasa dipelintir sepanjang hari, tidak bisa bangkit dari tempat tidur, hingga membutuhkan pertolongan medis di rumah sakit,” jelas fisioterapis Fortunella Levyana, Amd.FT dalam pelucuran iFree di Jakarta.

“Dismenore disebabkan oleh otot-otot rahim yang berkontraksi dan membuat aliran darah ke area tersebut berkurang, sehingga menimbukan nyeri," tambahnya.

Akibatnya, banyak wanita terpaksa absen dari sekolah atau tempat kerja. atau jika tetap bekerja cenderung tidak fokus karena menahan nyeri. Boro-boro kerja, sebagian malah tidak sanggup beranjak dari tempat tidur.

Untuk melawannya, sebagian mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, jika Anda enggan, coba redakan nyeri menstruasi dengan tiga cara ini:

1/ Yoga

Berguling-guling sambil memegangi perut kemungkinan besar tidak membuat nyeri menstruasi membaik. Lebih baik mengatur napas sambil melakukan pose yoga. Beberapa gerakan yoga dapat membantu merelaksasi otot-otot di sekitar panggul, menenangkan pikiran, sehingga menurunkan rasa nyeri mentruasi.

Misalnya, child's pose dengan meletakkan guling atau bantal di bawah perut. Anda pun dapat melatih pernapasan dan merelakskan tubuh lebih lebih lama secara lebih nyaman.

Atau tidur telentang, ganjal pinggang dengan bantal atau selimut tebal, sambil mempertemukan kedua telapak kaki, dan buka lutut ke arah luar. Pejamkan mata, istirahatkan tangan di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan lakukan pernapasan secara teratur terus menerus hingga Anda merasa nyaman.

2/ Minum Jamu

Ramuan herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama ratusan tahun. Mungkin Anda pernah disodori nenek atau ibu untuk minum jamu seperti campuran kunyit asem saat datang bulan. Kini bahkan jamu untuk datang bulan sudah dimodernisasi, dikemas dalam botol yang praktis. Anda termasuk yang suka menyiapkan jamu datang bulan untuk mencegah nyeri untuk meredakan nyeri menjelang dan saat menstruasi?

3/ Pakai Pad Hangat

Kini ada juga pad hangat yang khusus ditujukan untuk melawan nyeri menstruasi, iFree yang baru saja diluncurkan perusahaan farmasi CAP LANG. Menyasar Gen Z dan Young Millennial usia 15-25 tahun, pad yang  memiliki metode terapi hangat OxyHeat. Pad ini menimbulkan efek hangat hingga delapan jam saat ditempelkan pada bagian perut dan sekitarnya, praktis.

"Terapi hangat iFree akan membantu melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot rahim, serta memblokir signal sakit yang dikirimkan ke otak,” jelas Fortunella.

Yang perlu diperhatikan, nyeri saat menstruasi juga bisa dipicu oleh sebab yang lebih serius seperti endometriosis. Untuk mengetahuinya, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. (f)

Baca Juga:

5 Pilihan Olahraga Saat Haid
Uring-uringan Jelang Menstruasi? Atasi dengan 6 Makanan ini!

Nuri Fajriati


Topic

#kesehatan, #menstruasi, #nyerimenstruasi, #datangbulan, #PMS

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.