Food Trend
Yee Sang, Sajian Salad Segar Penuh Doa Khas Imlek

9 Feb 2018


Foto: AY
 
Beberapa tahun belakangan, mulai marak restoran dan hotel yang menyajikan Yee Sang saat perayaan tahun baru Imlek. Tradisi menyantap Yee Sang ini mulanya diramaikan oleh para warga Kanton yang bermukim di Singapura dan Malaysia. 
 
Sajian yang dikenal juga sebagai Prosperity Toast ini, membutuhkan berbagai macam bahan dalam membuatnya. Tiap bahan yang digunakan ternyata memiliki makna tersendiri. Yuk, cari tau apa saja maknanya!
 
Sayuran yang dipotong panjang dan tidak terputus
Biasanya dibuat dari wortel, lobak, dan timun. Potongan panjang tersebut menyiratkan umur panjang dan rezeki tidak akan berkesudahan (terputus-putus). Seluruh anggota keluarga berkumpul di tengah meja sambil meletakkan bermacam sayuran di tengah meja dengan disusun rapih, dan berseru "fat chai yi sen", yang artinya yee sang kemakmuran.
 
Lemon
Perasan air jeruk melambangkan keseimbangan. Siramkan di atas ikan sambil berseru "ta ci ta li", semoga ketentraman selalu ada di dalam keluarga.
 

Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#foodtrend, #imlek, #yeesang

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.