Food Trend
Tip William Wongso Memasak Masakan Lokal dengan Alat Modern

10 Feb 2019


PresDir TEKA Indonesia, Rami Kuwatly dan William Wongso.  

Di tahun 2019, TEKA Indonesia memantapkan kehadirannya sebagai produsen kitchen appliances dan sinks yang menjadi bagian dari gaya hidup. Menghadirkan sesuatu langsung dari tangan sendiri, tanpa setiap kali mengandalkan food delivery, adalah suatu kemewahan di rumah tangga masa kini.
 
“Memasak merupakan gaya hidup yang sudah lama berjalan di Eropa. Seorang ayah lazim memasak untuk anak setelah pulang kantor,” ujar PresDir TEKA Indonesia, Rami Kuwatly, di acara demo masak hidangan Indonesia di headquarter TEKA Indonesia, beberapa waktu lalu.


William Wongso beri komando langsung di sesi hands-on cooking.
 
Lantas bagaimana dengan kuliner tradisional Indonesia yang menjadi favorit keluarga? Mampukah peralatan modern seperti TEKA  menciptakan masakan tradisional bercita rasa serupa? Ditemui di kesempatan yang sama, brand ambassador TEKA Indonesia, William Wongso, bahkan memantik pertanyaan seru ke hadapan media, bahwa apakah dengan peralatan modern, cita rasa masakan Indonesia menjadi downgrade?
 
Dengan mengajak awak media masak bareng, ia membuktikan sebaliknya.

“Alat-alat terdepan seperti ini justru bisa meng-organize proses masak jadi lebih praktis. Peralatan modern enggak ribet seperti di desa, dimana sebelum memasak, harus nyalain anglo dulu, cari arang, tunggu api jadi bara. Seperti bermain musik elektronik, alat masak jaman sekarang sudah bisa melakukan semua,” ucap pakar kuliner itu.

 


Versi rendang daging cincang, nikmat untuk abon, isian martabak, hingga campuran nasgor.
 
Menurutnya pula, dengan alat yang lebih modern, pengguna punya kendali terhadap temperatur. “Orang Indonesia itu punya anggapan, kalo masak enggak kayak tsunami, itu belum masak. Ini yang kadang bikin protein jadi rusak,” sambungnya, lagi.
 
Awak media memasak rendang menggunakan daging kambing cincang. Dari menumis rempah, menuang santan kelapa tua, hingga menentukan kapan untuk mematikan api, dilakukan dibawah komando William. “Hasilnya lebih cepat memakai daging cincang, tanpa mengurangi kelezatan rendang. Hasil jadinya bisa menemani nasi, jadi bahan isi martabak, dijadikan abon, atau dimasak untuk nasi goreng,” ujarnya, sembari memasak menggunakan stovetop TEKA.

 


William Wongso memasak gulai ayam, dengan keuntungan api stabil kompor modern. 
 
Melalui proses merandang daging, seluruh media diajak membuktikan bahwa modernisasi tidak perlu mematikan selera lokal. Melalui siasat memilih daging, takaran bahan, dan kontrol api yang stabil, cita rasa rendang ini nikmat. 

Di sela-sela memasak, Rami berbagi informasi tentang diciptakannya alat-alat TEKA demi memudahkan pengguna. Oven yang secara standar dipasang di bagian bawah, misalnya, bisa dipasang di posisi atas agar pengguna tidak perlu membungkuk. Kompor induksi TEKA mengedepankan safety, misalnya tidak panas ketika berkontak dengan tangan. Kompor apinya otomatis mati jika mendeteksi kebocoran gas. Uniknya, harga TEKA relatif di bawah perangkat berkelas sejenis karena tidak dipasarkan menggunakan supplier. Semua distribusi produk TEKA di toko elektronik masih ditangani langsung oleh TEKA Indonesia.


Martabak isi rendang kambing!

Mulai berpasar di Indonesia di tahun 1997, TEKA menawarkan tiga brand yang berpayung di bawah grup yang sama, yakni TEKA, Linea, dan Kuppersbusch. Brand ini diciptakan oleh Karl Thielman dan Helmut Klein, berkiblat pada tradisi, daya tahan, dan budaya inovasi.  


Pepes ikan gunakan oven. 
 
Brand Jerman yang lahir di tahun 1924 ini percaya bahwa dapur adalah tempat dimana kehidupan rumah tangga berpusat. Momen makan bareng, masak bareng, dimana diskusi berputar di dalamnya dengan intens, adalah hubungan antarmanusia yang mudah terkikis di era pesatnya industri restoran. TEKA melakukan pendekatan psikologi, dimana alatnya yang berpenampilan keren bisa membangkitkan semangat mulai memasak. Sementara, kecanggihannya menumbuhkan pede memasak pada pemula. Solusinya terfokus pada manusia, dengan slogan teranyarnya, "Cook Your Way to Life(f)

Baca juga: 
Bikin Pizza Menggunakan Panas Batu Bersama Jungle Chef Charles Toto
Mitos dan Fakta Tentang Makanan-Makanan Pemicu Kanker


 
 

 

Trifitria Nuragustina


 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.