Food Trend
Welcome Dinner untuk Pemenang Lomba Masak Ikan Nusantara

29 Aug 2017

Istimewanya, Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) yang berhadiah kesempatan masak untuk Presiden RI Joko Widodo turut meninggalkan kesan bagi restoran Samsara-Indonesian Cuisine.
 
James de Rave, mewakili Samsara-Indonesian Cuisine, beberapa waktu lalu merancang Exquisite Noesantara Dinner, sebuah welcome dinner untuk menyambut kedatangan 10 finalis lomba di ibu kota.
 
“Bisa mendapatkan akses ke Istana Negara sekaligus memasak langsung di hadapan orang nomor satu di Indonesia adalah hal luar biasa. Saya sendiri belum pernah bertemu Joko Widodo,” ujar James, di tengah-tengah kata sambutannya ke 3 pemenang dan 7 finalis LMIN.
 
Rancangan 3 course dinner di malam itu menjadi showcase hidangan Indonesia yang ditata dengan cantik. Para finalis terlihat mengagumi plating karya tim chef Dani-Samsara yang tiba di meja mereka masing-masing. “Ternyata makanan yang sudah familiar bisa ditata elegan dan berkelas seperti ini,” ucap Anita Attu, finalis dari Gorontalo. Di LMIN, ia memasak Illoni Burger.
 
James juga mengutarakan ketertarikannya untuk mengangkat masakan para finalis untuk sebuah event istimewa di Samsara. Ia terlihat begitu mengapresiasi sepak terjang para pemenang dan tak ingin momen langka ini senyap begitu saja selepas kompetisi berakhir.
 
“Kreasi mereka hebat-hebat. Hidangan Indonesia harus jadi tuan rumah di negeri sendiri,” sambung James.
 
Chef Dani malam itu menyajikan Pepes Pangasius Ungkep Garam. Ini adalah pepes patin yang dibungkus garam dan dipanggang selama 1 jam. Lapisan garam yang tebal ini membuat juice dari ikan ‘terkunci’, menghasilkan tekstur yang sangat moist.
 
Gaya ungkep garam ini memang menjadi andalan Samsara. Hidangan ini juga andal diracik oleh dua pemasak lainnya milik Samsara, yakni chef Sambas Sanusi dan chef Parjiyo.
 
Endang SN, finalis dari Batam, tercengang melihat langkah chef Dani dalam mengetuk-ketuk garam dan mengekspos bagian terdalam berupa bungkusan pepes. “Sangat wangi rempah,” ujarnya.
 
Berikut ini isi menu Exquisite Noesantara Dinner:
 
APPETIZER
Lemper Cakalang Fufu
Petite Pillows of Sticky Rice Stuffed with Lumber Jack Tuna Ragout
 
Kroket Wagyu
Minced Wagyu Beef, Mushroom and Mashed Potato Uniquely Shaped Like Mini Pears
Served with Salty Soybean Sauce and Pickled Garlic Sprout
 
Asinan Sayur Rawamangun
Medley of Mixed Raw Vegetables, Noodle Crackers, Peanut Sauce and Palm Sugar Syrup
 
MAIN COURSE
Pepes Pangasius Ungkep Garam
Pangasius Fillet Wrapped in Banana Papillote with Traditional Indonesian Herbs & Spices, Then Baked to Perfection Under a Thick Blanket of Salt and Whisked Egg Whites in a Uniquely French Technique
Accompanied with Jasmine Rice
 
DESSERT
Guilty Pleasure No. 5
Durian Toffee • Es Puter Kecombrang • Verrine Klappertaart • Tape Crumble • Pisang Goreng

Tertarik ingin mencoba pula racikan Indonesia yang berkelas? Samsara-Indonesian Cuisine terletak di Jl.Gunawarman No.16, Jakarta Selatan. Mari lakukan reservasi! (f)
 
Baca juga:
Telah Terpilih Koki Untuk Presiden Joko Widodo
Membanggakan! Sepuluh Pemasak Ikan Terhebat Masak untuk Jokowi!
Kesempatan Sekali Seumur Hidup Masak untuk Jokowi, Ini Pengakuan Peserta!
Penting! Presiden Jokowi Ingatkan Potensi Ikan Saat Bertemu Pemenang Lomba Masak Ikan Nusantara
Dari HUT RI-72! Ini 4 Penampilan Cantik Iriana Joko Widodo, Ani Yudhoyono, Sri Mulyani, dan Annisa Yudhoyono


Trifitria Nuragustina


Topic

#masakuntukjokowi, #ikanituenak, #tasteofIndonesia, #menujuISTANA

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.