Food Trend
Serunya Belajar Roti Bersama Hadi Tuwendi di Sugar World Academy

12 Sep 2017

Foto: Dok. Sugar World Academy

Dunia baking memang menantang. Tidak hanya kerumitan dalam memanggang cake atau kue kering, namun juga proses pembuatan roti.
 
Jika menggunakan bahan tambahan, seperti bread conditioner atau bread softener, memang lebih mudah untuk menghasilkan roti yang empuk dan lembut. Tapi, bagaimana jika ingin membuat roti tanpa bahan tambahan tersebut namun tetap enak, empuk, dan lembut? Tentunya setiap langkah dalam pembuatan adonan perlu diperhatikan.
 
Beberapa waktu lalu, femina berkesempatan untuk mempelajari cara pembuatan roti tanpa bahan tambahan, yang dikemas dalam kelas bertajuk Roti Kuno di Sugar World Academy.
 
Untuk mengajar pembuatan roti jenis ini, mereka mendatangkan Hadi Tuwendi, yang telah bergelut di bidang pembuatan roti selama lebih dari 40 tahun.
 
Sebagian orang mungkin mengenal namanya bersanding dengan toko roti ternama Holland Bakery. Memang, Hadi pernah menjadi bagian dari Holland Bakery, sejak tahun 1988, sebagai executive chef.
 
Tidak hanya roti, Hadi juga menguasai pembuatan di bidang pastry, puding, dan jajanan tradisional. Bakatnya merupakan turunan dari sang nenek yang kerap Hadi bantu sejak kecil.
 
Dalam kelas hands on ini, Hadi menjelaskan secara detail setiap langkah pembuatan roti. Selain itu, beragam tip seperti mencegah roti berkeriput atau berpinggang, jenis-jenis bahan olesan, dan resep bahan isi untuk roti kuno juga dibagikan oleh beliau.
 
Hari itu, terlihat juga Gloria Susindra, seorang chef dan business owner. “Aku suka sekali mengkonsumsi roti, tapi sebenarnya kurang sabar untuk membuatnya,” ujar Gloria diiringi tawa ringan.
 
Selain Gloria, Karen Carlotta, maestro di balik kelezatan cake di Union Bakery, juga sempat mendalami proses pembuatan roti bersama Hadi.
 
Suasana kelas berlangsung seru. Hadi masih mengajar dengan penuh semangat di usianya yang menginjak 74 tahun. Selain itu suasana semakin seru dengan cerita-cerita pengalaman dan ‘bocoran’ resep lauk andalannya. (f)

Baca juga:
Penghargaan Negara untuk Cake Decorator Handi Mulyana
The Harvest Atelier, Baking Class Eksklusif dari The Harvest
Ube Velvet Cake, Cake Paling Dicari Saat Ini di Jakarta!


Helen Christianti


Topic

#infokuliner, #roti