Food Trend
Senang Mendapati Motif Cantik di Kopi Anda? Ketahui Dua Teknik Populer Latte Art Ini

12 Oct 2017


Foto: pixabay.com

Pada Hari Kopi Internasional lalu, femina mendapat kesempatan untuk belajar latte art di Hotel Le Meridien Jakarta. Arie Nugroho, perwakilan Illy Coffee Indonesia yang berbagi teknik dasar latte art.
 
Latte art dibuat dengan cara menuangkan microfoam(busa mikro) dari susu yang dihangatkan dan dikocok dalam waktu bersamaan. Menurut Arie, belajar latte art butuh ketekunan. Banyak barista membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk menguasai beberapa teknik latte art.
 
Berikut ini dua teknik latte art yang populer.
 
1/ Free pouring
Teknik paling mendasar dan umum bagi pemula. Kuncinya terletak pada bagaimana bisa mengontrol penuangan busa susu.
 
Pada umumnya busa susu akan terletak di atas bagian susu yang telah dikocok. Maka kita menuang dahulu bagian susu yang lebih cair ke dalam espresso. Mulut gelas awalnya dimiringkan dan susu kocok dituang di tengah kopi, hingga membentuk lingkaran putih dari busa susu.
 
Saat itulah kita mulai menuang lebih banyak buih sambil menggerakkan danmembentuk motif yang kita inginkan. Bentuk yang paling mendasar untuk teknik ini adalah hati, tulip, dan rosseta.
 
2/ Etching
Menggambar di atas busa susu. Diawali dengan teknik free pouring, dilanjutkan dengan melukis gambar menggunakan alat yang berujung lanci, misalnya pengaduk kopi atau tusuk gigi.

Tinta yang digunakanadalah bubuk cokelat atau cokelat pekat yang dicairkan. Bentuk atau gambar yang paling banyak dibuat adalah beruang hingga serumit wajah seseorang. Ada juga yang menggunakan cetakan khusus dari besi yang telah diukir dengan gambar tertentu. Kita tinggal menuangkan bubuk cokelat ke atasnya.
 
Kedua teknik ini tidak serumit teknik dasar namun umur penyajiannya lebih singkat. Semua ini dikarenakan waktu penyajian dihabiskan untuk menggambar. (f)

Baca juga:
Ngobrol Seru Seputar Kopi
6 Fakta Tentang Starbucks di Indonesia
Ngopi Bersama Presiden: Apa Jenis Kopi yang Chicco Jerikho Hadiahkan ke Jokowi?

 

Theofilia Viyoshi Bangun


Topic

#infokuliner, #kopi, #latteart