Food Trend
Prom Country Cheese: Kejunya Bertahan hingga 6 Bulan!

24 Oct 2017


Foto: Reynette Fausto

Tahukah Anda, ada perjalanan dan proses istimewa di balik  tiap irisan lezat steak daging sapi asal Australia yang terhidang di atas piring Anda. Salah satu rahasianya adalah pengelolaan peternakan berkonsep alami yang diterapkan di Negeri Kanguru itu. Atas undangan pemerintah negara bagian Victoria, Australia, akhir Mei lalu Redaktur Feature femina, Reynette Fausto, berkesempatan menyaksikan rahasia di balik kualitas premium daging sapi Australia.

Tertarik belajar lebih lanjut, femina diajak menyambangi peternakan sapi dan domba, pemerahan susu sapi, juga pasar dan restoran yang menyediakan grass-fed products selama kunjungan sepekan ke Victoria dalam program The Victorian Grass-Fed Meat Visiting Journalist. Dan tentu saja, ikut mencicipi kedahsyatan rasanya yang tak terlupakan!

Pasangan suami-istri Burke dan Bronwyn Brandon merupakan generasi kedua yang menjalankan usaha pembuatan keju di bawah bendera Prom Country Cheese sejak 6 tahun lalu. Workshop mereka yang kami kunjungi berada di 275 Andersons Inlet Road, Moyarra Valley, Gippsland Selatan.
 
Teknik dan lama proses pembuatan keju amatlah beragam. Saat ini Prom Country Cheese memproduksi 10 jenis keju dari susu domba, 6 jenis keju berasal dari susu sapi, dan 4 jenis keju dari olahan susu kambing. Untuk bahan baku susu domba, Burke mendapatkannya dari 400 domba miliknya yang menghasilkan 1.000 liter susu per harinya selama masa musim perah, Juli-Maret. Dari situ, ia kemudian mengolahnya menjadi 100-200 batang keju. Sementara, untuk susu sapi dan kambing, ia endapatkannya dari peternak sapi dan kambing di sekitar.
 
“Yang tersulit adalah membuat venus blue cheese karena harus difermentasi hingga 6 bulan lamanya,”  kata Burke, yang belajar teknik membuat keju dari ayahnya. Dedikasinya yang tinggi membuat Prom Country Cheese beberapa kali memenangkan penghargaan, seperti Champion Australian Dairy Product Australian Food Awards 2016 dan Champion Australian Grand Dairy Awards 2017, dengan produk keju
venus blue-nya yang jadi unggulan.
 
Di hadapan kami tersaji beragam jenis keju kaya rasa. Ada yang rasanya nutty dan creamy, keras seperti cheddar cheese, ada juga yang lembut dan melted di lidah seperti camembert cheese. Rasa venus blue cheese lebih gurih dari keju-keju lainnya, agak lembut dan creamy, serta berbau cukup tajam dengan bercak kebiruan di dalamnya.
 
“Keunggulan produk keju kami salah satunya juga karena berasal dari ternak grass-fed yang membuat rasa dan aromanya konsisten,” ungkap Burke, yang mengantongi ilmu farm management dari Glenormiston Agricultural College.(f)


Baca juga:


Reynette Fausto


Topic

#dagingsapipremium