Food Trend
Pemerahan Susu Sapi Sistematis untuk Hasilkan Daging Sapi Premium

20 Oct 2017


Foto: Reynette


Tahukah Anda, ada perjalanan dan proses istimewa di balik  tiap irisan lezat steak daging sapi asal Australia yang terhidang di atas piring Anda. Salah satu rahasianya adalah pengelolaan peternakan berkonsep alami yang diterapkan di Negeri Kanguru itu. Atas undangan pemerintah negara bagian Victoria, Australia, akhir Mei lalu Redaktur Feature femina, Reynette Fausto, berkesempatan menyaksikan rahasia di balik kualitas premium daging sapi Australia.

KELILING PETERNAKAN
Tertarik belajar lebih lanjut, femina diajak menyambangi peternakan sapi dan domba, pemerahan susu sapi, juga pasar dan restoran yang menyediakan grass-fed products selama kunjungan sepekan ke Victoria dalam program The Victorian Grass-Fed Meat Visiting Journalist. Dan tentu saja, ikut mencicipi kedahsyatan rasanya yang tak terlupakan!

Caldermeade Dairy
Ditemani oleh Daniel Williams dan Tim Winter dari State Government of Victoria, rombongan kami menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Kota Melbourne menuju Desa Gippsland, lokasi yang banyak terdapat peternakan sapi dan domba. Sepanjang sisi jalan kami disuguhi pemandangan padang rumput hijau yang terhampar luas, hingga kami tiba di Caldermeade Farm. Selama di sana saya menyaksikan proses pemerahan susu sapi yang canggih.
Peternakan ini memanfaatkan penggunaan mesin rotary dairy yang memutar 50 sapi di atasnya selama 60 menit. Secara bergantian, sapi-sapi yang mengenakan chip identitas berupa nomor di telinga, susunya diperah menggunakan selang yang terhubung pada mesin isap otomatis. Sapi baru bisa diperah susunya dalam rentang usia 2,5 – 4 tahun.

“Tiap hari sapi-sapi ini diperah susunya sebanyak dua kali, yaitu pukul 5 pagi dan 3 sore,” ujar Will Ryan, Manajer Caldermeade Farm. Peternakan itu memiliki 470 ekor sapi perah yang diternakkan di atas lahan seluas 220 hektare. Sapi-sapi ini bisa menghasilkan hingga 11.000 liter susu segar tiap harinya.
Memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui pemasangan chip di tiap sapi, Will dapat memantau kondisi kesehatan sapi dan jumlah produksi susu sapi hanya melalui aplikasi ponsel dairy farm management. “Kita bisa tahu sapi mana yang sedang tidak sehat lewat produksi susunya. Jika produksi susunya rendah, sapi akan dipisahkan dan diperiksa kesehatannya,” jelasnya.(f)


Baca juga:
Pilih Daging Sapi Grass-Feed untuk Menu Kualitas Premium
Daging Sapi Premium
Hida Beef, Daging Sapi yang Meleleh di Mulut


Reynette Fausto