Food Trend
Senang Kopi Indonesia? Yuk, Ngumpul di Rembug Kopi Nusantara!

12 Oct 2017

Di Hari Kopi Dunia tahun ini, prestasi kopi Indonesia kental dirayakan ke dalam berbagai bentuk acara apresiatif.
 
Pencapaian kopi Indonesia memang menanjak selama beberapa tahun belakangan, mengharumkan keberadaannya di kancah dunia. Indonesia juga menduduki urutan keempat negara produsen kopi terbesar, setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. 
 
Kebanggaan akan kayanya biji kopi negeri sendiri inilah yang diangkat oleh Rembug Kopi Nusantara di tahun keduanya berlangsung, digelar oleh Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM.
 
Hingga Rabu, 13 Oktober 2017, para pencinta kopi bisa mengarahkan destinasinya ke event yang berlangsung di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan.
 
Di acara ini, para penikmat, penggiat, dan pebisnis, dapat mempelajari, berbagi informasi, dan memperlebar jaringan kopinya lewat berbagai isi acara yang menarik. Dimulai dari lomba coffee roastingcupping, hingga demo cold brew coffee bersama tenaga-tenaga ahli dari lembaga terpandang, SCAI (Speciality Coffee Association of Indonesia).
 
Penasaran bagaimana menembus pasar ekspor? Talkshow menarik seperti “Perubahan Mental Blok Menuju Ruang Ekspor” oleh Aliansi Perdagangan Industri Kreatif Indonesia di hari kedua, pantang dilewatkan!
 
“Harapannya, selain memberikan pemahaman tentang perkopian Indonesia terhadap masyarakat luas, para pengusaha skala mikro, kecil, dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi,” ujar Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP-KUKM.
 
Yang menarik, sebanyak 25 tenant kopi binaan dari Mabes TNI-AD khusus didatangkan dari Aceh hingga Papua, menggambarkan bentuk nyata dukungan TNI-AD untuk mengawal keseluruhan proses biji berkualitas dari hulu hingga hilir.

Semangat memajukan kopi terasa lewat jalinan antar pencinta kopi di ajang ini. Dimulai dari Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dan Coffee Lover’s Indonesia (CLI), bersama dengan Asosiasi Duta Indonesia (ADI), Uncle John Roasting, d’Excellent-Coffee Class, Maharaja Coffee, Qertoev Coffee, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), dan Indonesian Latte Art Artist (ILAA)
 
Jadi, jangan heran jika  di sini Anda menjumpai para tentara berbadan tegap yang fasih menjelaskan seluk beluk kopi, hingga menjadi barista dadakan!
 
Yuk, kunjungi selagi hari ini masih berlangsung! (f)
 
Alamat:
SMESCO – Exhibition Hall
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan
Telp: (021) 27535400

Baca juga:
Ngaku Pencinta Kopi? Ketahui Dulu Beda Espresso Hingga Americano di Sini
Ngopi Bersama Presiden: Brand Kopi Lokal Hanya Kalah Berani
Waktu Terbaik Minum Susu dan Kopi untuk Manfaat Maksimal


Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#infokuliner, #kopi