Food Trend
Makna Lauk Pendamping Tumpeng

13 Sep 2017


Foto: Dok. Femina

Bukan hanya nasi berbentuk kerucut saja yang memiliki arti mendalam, setiap lauk-pauk penyerta tumpeng pun memiliki arti tersendiri. Selain menjadi simbol kekayaan bumi nusantara, dalam tiap lauk yang disajikan terselip doa dan harapan.
 
 
Ayam
Perwakilan dari hewan darat. Dalam tumpeng kuning biasa berupa ayam goreng. Umum juga tersaji sebagai ayam bakar dalam tumpeng putih. Kini, ayam dimasak bervariasi sesuai selera. Ada juga yang hanya menggunakan bagian hati dan ampelanya saja. Lauk ini menjadi simbol keikhlasan berkurban si pemangku hajat. Selain ayam, hewan lain yang sering digunakan adalah sapi. Biasanya dimasak menjadi Sambal Goreng Kreni.


Foto: dok. Femina
 
Ikan
Mewakili hewan air. Dulu, ikan lele sering digunakan. Karena hidupnya yang selalu berenang di dasar sungai atau kolam, ikan lele dimaknai sebagai kerendahan hati. Falsafah ini diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ikan bandeng juga sering disajikan dengan harapan rejeki yang selalu melimpah seperti banyaknya duri dalam ikan bandeng.
 

Isyana Atiningmas


Topic

#infokuliner, #tumpeng

 

polling
Alasan Putus

Ketika menjalin cinta, maunya, sih, hubungan berlanjut hingga jenjang berikutnya alias pernikahan. Tapi, ini tidak selalu terjadi hingga akhirnya hubungan kita dan pacar pun harus berakhir.

Apa yang biasanya membuat Anda memutuskan untuk menyudahi hubungan dengan si dia?