Food Trend
Jangan Tinggalkan Bangkok Tanpa Mencoba Jajanan Ini!

28 Jul 2017


Foto: Dok.VL
 
Plesir ke Bangkok dan sekitarnya takkan lengkap tanpa berburu street food. Murah, enak, dan variatif!
 
Hanya jajan tom yam atau pad thai saja?
 
Jangan sia-siakan perjalanan udara ke negeri kuliner tersebut dengan hanya mencoba hidangan populer. Femina memilih 8 makanan wajib jajan ini untuk Anda. Cari dengan mudah di pusat jajanan, pasar tradisional, atau pasar modern.
 
1/Moo Ping
Satai daging babi yang cenderung manis ini hadir di pinggir jalan. Umumnya warga Thailand langsung melahapnya seperti layaknya camilan. Daging babi dipipihkan, kemudian dibumbui, dan dipanggang di atas bara api hingga matang.
 
2/Tod Man Pla
Atau Thai Fish Cake. Seporsinya biasa disajikan bersama irisan mentimun dan dikucuri saus nam pla prik. Dijajakan di atas gerobak dan biasanya dijual berbarengan dengan gorengan lain seperti otak-otak dan sosis.
 
3/Khanom Beuang
Yang paling menarik adalah atraksi saat membuat kulit Khanom Beuang di atas wajan datar. Pembuatnya ahli dalam menghasilkan bentuk yang tipis dan merata hanya dengan menggunakan punggung sendok. Manisnya unik berkat paduan isi gulali dan manisan!

4/Sai Ooah
Atau sosis daging babi dari Thailand Utara. Sosis ini juga merupakan jajanan wajib daerah Chiang Mai. Diracik dari daging babi giling yang gurih dan juicy.
 
5/Satay Gai
Ragam satai mudah ditemui sebagai jajanan pasar. Dimulai dari seafood, ayam, daging babi, atau produk olahan. Favorit femina, Satay Gai (satai ayam) ditemani sambal kacang adukan gaya lokal yang lebih ringan ketimbang saus kacang Indonesia dan tone bumbu daging yang lebih manis.

6/Khanom Krok
Pandangan mata pasti langsung terhenti saat melihat puluhan cetakan serabi mungil dalam satu wajan. Tekstur permukaan serabi masih sedikit basah. Anda bisa memilihnya dengan atau tanpa taburan bawang daun.   
 
7/Jok
Bubur biasanya ditemukan sebagai jajanan pagi atau sore-menjelang malam. Pelengkapnya, potongan jahe, kecap asin, dan cabai kering yang dihaluskan.

8/Guay Tio    
Mi kuah dengan isi lembaran kwetiau gulung yang diseduh ke dalam kaldu panas. Diiringi potongan fish cake sebagai lauk. Hadir juga dalam versi daging sapi dan daging babi (guay jub).  


Baca juga:
Editor’s Choice: 7 Lokasi Gelato Nikmat di 6 Kota di Indonesia
Ini Beda Gulai, Kari, dan Gule Plus 6 Kedai Gulai Enak Wajib Coba Pilihan Editor
Kreasi Steak Empat Sekawan di Carne Smokehouse


 

Valentina Limbong


Topic

#InfoKuliner, #Bangkok, #TravelingThailand

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.