Food Trend
Jadi Ahli Kopi di Indonesia Coffee Academy

12 Jun 2018


Foto: Dok. Indonesia Coffee Academy

 
Berlokasi di Anomali Coffee, Jl. Senopati No. 19, Indonesia Coffee Academy (ICA) yang sudah berjalan selama kurang lebih 8 tahun ini membuka kelas reguler bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan tentang kopi. Ada tujuh kelas terbuka umum, yaitu Basic Espresso, Latte Art, Coffee Cupping, Manual Brewing, Advanced Espresso, dan Roasting Class.
 
Tiap kelas memiliki durasi belajar berbeda-beda. Untuk kelas Basic Espresso, dengan biaya Rp3 juta, peserta akan belajar selama tiga hari tentang biji kopi, pengenalan alat espresso, latihan, hingga teknik mengolah susu.
 
Kurikulum pun dibuat se-update mungkin, mengikuti tren kopi yang ada. Misalnya, jika dulu orang mengenal kopi espresso menggunakan biji kopi dark roast. Seiring zaman, ternyata kopi light roast juga disukai.
 
“Tahun lalu, kami membuka Roasting Class, mengikuti minat orang yang kini juga ingin mengolah biji kopi favoritnya sendiri,” jelas Ryo Limijaya, Marketing Manager Anomali Coffee.
 
Kebanyakan peserta kursus adalah mereka yang ingin terjun ke bisnis kopi, seperti menjadi barista atau membangun kedai kopi. Jadi, tidak mengherankan jika kelas Special Training Package untuk Barista Technique (Rp4,5 juta) dan Full Training (Rp8 juta) ICA tak sepi peminat. Meski begitu, tak sedikit pula peserta yang datang untuk belajar sebagai sekadar hobi kopi.
 
Kelas Basic Espresso, Manual Brewing (membuat kopi dengan teknik manual), dan Coffee Cupping (teknik icip-icip kopi) termasuk yang jadi favorit. Para trainer ICA juga bukan sembarang orang. Mereka dipilih dari jejeran barista Anomali yang memiliki kepiawaian dan passion besar di bidang kopi.
 
Passion menjadi kata kunci karena skill saja dirasa tidak cukup untuk bisa mengajarkan ilmu kopi kepada para peserta workshop. Ditambah lagi mereka juga harus lebih banyak tahu tentang perkembangan dunia kopi dan selalu mau belajar. Anomali Coffee juga mengirimkan para trainer untuk belajar kepada ahli kopi lainnya untuk menambah ilmu mereka.

ICA juga memiliki kelas ‘terbang’ yang disebut dengan Crash Course. Kelas yang hanya berlangsung dua hingga tiga jam ini tidak hanya ada di Jakarta, tapi juga di kota besar lainnya, seperti Makassar dan Denpasar. Pilihan kelasnya beragam, ada Coffee Tasting (Rp250.000), Brewing Class (Rp250.000), Coffee Knowledge & Coffee Tasting (Rp350.000), dan Cupping & Brewing Class (Rp550.000). (f)

Baca Juga:
 
Bahaya Kebanyakan Minum Kopi
  7 Kedai Kopi Instagrammable yang Perlu Anda Kunjungi

 

Faunda Liswijayanti


Topic

#kursus, #kursuskopi, #kopi

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.