Food Trend
Food Forecast 2019 (2)

1 Jan 2019


Foto: UNSPLASH

Para individu kuliner mencoba memprediksi hal-hal bakal diperbincangkan tahun depan. Wajib baca bagi yang ingin berbisnis kuliner atau mencari arah hobi baru!
 
1/ Robby Motota, Complex Executive Pastry Chef St. Regis Langkawi and The Westin Langkawi
 
Tren kuliner, terutama di daerah wisata yang cukup ramai, seperti Bali, Yogya, Malang, Bandung, Jakarta, dan Medan akan lebih condong ke kuliner lokal.
 
Cita rasa yang autentik, juga peran koki yang bergelut di dalam negeri maupun mancanegara untuk mempromosikan kuliner lokal, jadi faktor pendukung. Selanjutnya, bukan tidak mungkin jika cita rasa Indonesia akan makin mendapat tempat di hati pemburu kuliner.
 
Kaum milenial akan lebih memilih natural healthy food and beverages. Mereka akan lebih concern pada gaya hidup sehat. Misalnya, memilih kudapan ringan yang rendah kadar glutennya, lebih menyukai organic food.
 

2/ Jed Doble, Publisher Foodies
 
Tahun 2019 menandai perkembangan signifikan gerakan makanan sehat. Masyarakat lebih peka dalam bersantap, termasuk ingin mengetahui asal-usul makanannya. Pilihan juga akan banyak jatuh ke plant-based food daripada makanan dengan basis protein hewani. Tentu juga karena alasan sustanaibility. Ruang-ruang santap seperti Gizi (milik chef Yuda Bustara. – Red.) dan Green Wok adalah contoh yang menyajikan makanan-makanan bergaya ini.
 
 
3/ Dewi Hasan, Sugar World Academy
 
Untuk tahun 2019, cake decorating akan banyak berhubungan dengan kerajinan tangan/ handycraft. Dekorasi bunga-bunga yang dulunya dibuat dari sugar paste, kini dibuat dari wafer paper.
 
Tidak banyak pergeseran gaya cake decorating yang terlihat, tetapi intervensi penghias kue dari Tiongkok sangat memengaruhi standar cake decorating yang ada. Karya cake decorator dari negeri Tiongkok yang sangat detail, rapi, dan spektakuler akan mengubah cara pandang kita terhadap cake decorating secara global.
 



Topic

#foodtrend, #trenkuliner

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.