Food Trend
Food Forecast 2019 (1)

31 Dec 2018


 

4/ Fajar Ayuningsih, Foodwriter & Konsultan Pengembangan Wisata Kuliner Indonesia
 
Makanan atau minuman yang bakalan hits adalah yang bernutrisi tinggi. Super food dan healthy food makin dicari, namun tampil kekinian. Minuman teh dan minuman fermentasi perlahan menggantikan posisi minuman kopi.
 
Racikannya kian bervariasi, cenderung artisan. Salah satunya kombucha, yang sebenarnya sudah lama diminum pelaku hidup sehat. Selain karena cita rasanya yang eksotis, kombucha memberi manfaat kesehatan, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh.
 
Enggak sekadar menyegarkan. Penggunaan bahan unik akan terus bermunculan dan dieksplorasi. Seperti di tahun sebelumnya, bahan seperti jeruk yuzu, kecombrang, kumquat, taro, kale, dan jamur langka, menghiasi menu.
 

5/ Arie Parikesit, JALANSUTRA & Founder Kelana Rasa
 
Memadukan kuliner lokal dengan bahan asing, atau sebaliknya, akan banyak dilakukan. Pebisnis dituntut menciptakan sesuatu yang out of the box, menarik secara marketing, namun tetap punya identitas serta cita rasa yang dapat dipertanggungjawabkan. Perlu ada cerita menarik di baliknya.
 
Tren 2018-2019 banyak yang mirip, dalam arti, belum ada sesuatu yang menonjol. Untuk tren dunia, makin banyak negara Barat yang mengadopsi unsure Asia. Contohnya, pemakaian nangka muda yang makin populer karena konon dipercaya mendekati tekstur daging, sehingga dibuat untuk isian taco ala Meksiko atau Texas BBQ. Juga avokad dan daun kelor (moringa) yang diolah menjadi dessert! (f)
 
DEASY WIDIASENA (KONTRIBUTOR)

Baca Juga:

7 Resep Sukses Katering Sehat

Pengalaman, Kata Kunci Wisata Gastronomi

Tren Dessert di 2019 Menurut Prediksi Nina Bertha

 


Topic

#foodtrend, #trenkuliner

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?