Food Trend
10 Jenis Durian yang Bisa Anda Temukan di Indonesia (Part 2)

15 Jul 2017


Foto: Dok. Yearofthedurian
 
Durian‘either you love it or you hate it’ begitulah kata orang-orang ketika menikmati buah yang dijuluki Raja Buah ini. Berikut beberapa jenis durian yang ada di Indonesia.
 
1/ Durian Sawah Mas (Mabah, Kalimantan Barat)
Bentuk buah bulat dengan ujung meruncing. Warna kulit buah berwarna hijau tua. Duri buah berbentuk kerucut dengan susunan agak jarang.  Berat buah 2-4 kg.

Warna daging buah kuning, kering, bertekstur halus, bercita rasa manis gurih, dan beraroma harum.
 
2/ Durian Petruk (Jepara, Jawa Tengah)
Buahnya berbentuk bulat telur dengan warna hijau kekuningan. Duri kulitnya berbentuk kerucut kecil dan rapat. Buahnya berukuran sebesar kelapa gading dengan penampilan menarik. Bobot buah bisa mencapai 1-2 ½ kg.

Daging buah agak tebal, berlemak, berwarna kuning, bertekstur agak lembek, berserat halus, beraroma sedang atau tidak begitu tajam.
 
3/ Durian Sukun (Karanganyar, Jawa Tengah)
Bentuk buahnya bulat panjang dan berwarna kekuningan. Duri kulit buahnya berbentuk kerucut, kecil, dan rapat. Berat buah 1 ½ - 2 ½ Kg.

Daging buah sangat tebal, kering berlemak, tekstur halus, putih kekuningan, aromanya harum, dan cita rasanya manis sedang.
 
4/ Durian Hepe (Cileungsi, Jawa Barat)
Berbentuk bulat telur dengan warna kuning kecokelatan. Duri kulit buah berbentuk kerucut, kecil, dan tersusun rapat. Berat buah 1 ½ -2 ½ kg.

Daging buah berwarna putih kekuningan, tebal agak kering, tekstur halus, berlemak, aroma tajam, dan cita rasanya manis sedang.
 
5/ Durian Lai Mas (Medan, Sumatera Utara)
Bentuk buahnya lonjong dengan warna masih kehijauan. Duri kulitnya berbentuk kerucut tidak tajam, kecil, dan tidak rapat. Berat buah mencapai 3 – 4 kg.

Daging buah tipis dengan warna putih kekuningan. Cita rasanya tidak terlalu manis namun sangat berlemak. (f)

Baca Juga:
Resep Durian Mousse
Resep Tempura Durian


Daniel Marpaung


Topic

#InfoKuliner