Food Trend
10 Brand Pangan Lokal Berkualitas Dunia

2 Feb 2019




Sea Salt East Java & Co
 
Sea salt disebut-sebut memiliki kandungan mineral yang lebih banyak dibanding garam biasa yang selama ini digunakan untuk memasak, meskipun sama-sama berasal dari air laut. Sayangnya, jumlah petani garam alami seperti ini sudah jauh berkurang, tergerus oleh pikat produksi bahan massal.

Fleur de Sel – Amed Bali (bunga garam) dari East Java & Co mendapatkan penghargaan internasional yang menjadi salah satu pengangkat eksistensi sea salt lokal. Tertera di website-nya, “We don’t use any artificial additives and preservatives. As a result, our products are tastier and healthier”. Merek yang juga menawarkan berbagai produk organik ini turut dibangun oleh seorang ilustrator, alasan di balik desain kemasan yang premium.

Amed, Karangasem, terkenal sebagai lokasi penghasil garam alami, mempertahankan teknik ratusan tahun. Indikasi geografis, dipengaruhi faktor alam dan manusia, membuat garam Amed punya jejak rasa gurih dan kaya mineral.

www.eastjava.com 
@eastjavaco




Merica Pepper Secret
 
Pertambangan timah di Belitung yang mulai jenuh mengembalikan harapan hidupnya kembali penanaman pohon merica. Dulu, pada peta rempah, merica di Bangka-Belitung berkualitas superior, menjadi alat tukar bernilai tinggi. King of spice dan black gold, begitu disebutnya.

Tak banyak kita ketahui, khasiat antioksidan hingga antibakteri dalam merica (Piper nigrum L.) menjadikannya bahan di beberapa produk bodycare hingga aromaterapi milik brand asing terkenal. Didorong keinginan untuk menanamkan nilai tinggi yang sama di pasaran dalam negeri, Yosefin Wijaya mendirikan brand Pepper Secret.

Lotion, bodywash, handcrafted soap, hingga aromaterapinya menggunakan merica belitung. Tak kalah menarik, hadirnya Whole Pepper sebagai bumbu dapur. Merica hitamnya beraroma intens. Merica putihnya pedas. Berkah dari kecocokan kelembapan, tingkat pH tanah, dan suhu di Belitung.

www.peppersecret.com @pepper_secret
 


Topic

#infokuliner, #infoboga, #panganlokal

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?