Food Trend
10 Brand Pangan Lokal Berkualitas Dunia

2 Feb 2019

Fakta bahwa Indonesia memegang posisi ketiga world biodiversity setelah Brazil dan Kolombia perlahan makin didengar publik, digiatkan oleh komunitas peduli pangan lokal. Lahan pertanian yang menghasilkan produk gourmet untuk pasaran ekspor mulai mendapatkan pengasuhan dari brand lokal untuk konsumen dalam negeri. Pangan yang ditinggalkan juga justru kini dicari-cari orang kota. Makan chips ubi jadi hal seksi.
 
Ada banyak keunggulan selain cita rasa pada bahan lokal pilihan. Pada beberapa brand, salah satunya, diberlakukannya sistem fair trade yang berarti meniadakan tengkulak demi keberpihakan pada petani. Karena menganut kebaikan, sistem agraria yang dipraktikkan juga memuliakan bumi dan segala isinya. Tentu Anda senang jika apa yang Anda konsumsi juga membawa perubahan, bukan?
 
Di awal tahun, femina berbagi daftar bahan lokal yang perlu Anda lirik. Sebagian besarnya produk yang tidak lepas dari kebutuhan dapur sehari-hari. Jika Anda rajin menyambangi bazar produk artisan, sejumlah brand ini mungkin terdengar familier. Tahu persis bahan-bahan lokal yang hebat adalah kebanggaan masa kini.
 

 
Bumbu Salted Egg Emaku
 
Saat sedang mencari oregano, rosemary, atau parsley bubuk di supermarket, coba lebarkan pandangan Anda untuk melihat deretan bumbu racik kering, salah satunya Salted Egg Powder keluaran Emaku. Cukup tabur pada udang, cumi-cumi, atau ayam goreng untuk menambah cita rasa dan aroma telur asin.
 
Ada juga varian bumbu bubuk Mie Goreng yang salah satunya juga dijual di toko online Namaste Organic. Pemilik Emaku adalah seorang wanita muda yang ingin memberikan nilai lebih pada rempah yang menjadi bisnis komoditi keluarganya.

@emakuindonesia





Cokelat POD
 
POD dibuat dari buah cacao dari tanah Dewata, menonjolkan aroma dan rasa yang dimiliki origin ini. Kacang hingga buah lokal digunakan sebagai diferensiasi lainnya. Ada pula white chocolate hingga 99% Pure Dark Chocolate.
 
Tentu, selain untuk dimakan sebagai snack, chocolate couverture sejenis ini bisa untuk olahan baking atau cold dessert. Toby Garritt, pria Adelaide pencetus POD, menggunakan gula dari bunga pohon lontar sebagai pemanis, bukan gula pasir.

www.balichoklat.com
@podchocolate
 


Topic

#infokuliner, #infoboga, #panganlokal

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.