Food Story
Makan Bakmi Kepiting Pontianak, Choi Pan, dan Lorjuk, Wisata Kuliner Ala Film Aruna dan Lidahnya di Jakarta.

23 Sep 2018


Foto: Dok. PalariFilms

 
Tanggal 27 September 2018 nanti, layar bioskop akan diramaikan oleh kehadiran film Aruna dan Lidahnya. Diadaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak, film yang menceritakan perjalanan Aruna, seorang pencinta kuliner yang berusaha memecahkan suatu kasus dalam pekerjaannya sebagai ahli wabah di berbagai kota. Banyak terlihat adegan kulineran ala Aruna, yang tak ayal membuat penonton menelan liur!
 
“Ada 25 jenis makanan, minuman, dan snack yang hadir di film Aruna dan Lidahnya. Lokasi syutingnya sendiri di lima kota yaitu Surabaya, Pamekasan-Maduran, Pontianak, Singkawang, dan Jakarta,” cerita Dian Sastrowardoyo selaku pemeran Aruna saat mengisi acara di Jakarta Eat Festival 2018 beberapa saat lalu.
 
Beberapa nama kuliner mungkin bisa saja terdengar asing di telinga, sekaligus mengundang penasaran. Nah, sebelum filmnya tayang, Anda yang berdomisili di Jakarta juga bisa mencicipi kuliner ala film Aruna, ataupun membuatnya sendiri di rumah!

LORJUK
Diceritakan bahwa salah satu makanan yang harus dicicipi di Madura, yakni Lorjuk. Lorjuk sendiri merupakan hewan laut golongan kerang-kerangan. Bentuknya kecil memanjang dan bercangkang menyerupai kerang bambu. Keberadaanya tergantung musim, yakni ketika air laut surut. Selain diolah menjadi sajian one dish meal dengan nama Campor Lorjuk, Lorjuk juga dapat disajikan dalambentuk tumisan. 

Temukan disini:
RM. Handayani Prima

CHOI PAN
Karena hadir hingga dua kali adegan, sepertinya makanan ini menjadi salah satu yang disukai tokoh Aruna. Merupakan camilan gurih khas keturunan Hakka di Singkawang. Kulitnya lembut licin serta kenyal, karena terbuat dari campuran tepung sagu dan beras. Sebagai isian terdapat bengkuang yang dicampur ebi dan sedikit taburan lada. Umum juga diganti dengan kucai atau talas. 
 
Sebelum disajikan, choipan akan dilumuri minyak bawang, cincangan bawang putih goreng dan lalu diguyur dengan saus bercita segar dan sedikit pedas!

Temukan disini:
Choi Pan Manie, Super Choi Pan Singkawang
Buat sendiri:
Resep Choi Pan Bengkuang


RUJAK SOTO
Anda pasti sudah hapal bagaimana rasa masing-masing makanan tersebut. Namun bagaimana jika keduanya digabungkan?
 
Tidak ada yang berubah dari keduanya. Rujak sayur ini menggunakan campuran sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, genjer dan tauge, potongan lontong, tempe dan tahu goreng serta mentimun.
 
Setelah semuanya ditata dalam piring saji, isi sayuran dikucuri saus kacang bercampur petis udang, pisang batu, dan bumbu-bumbu lain. Lalu kuah soto ayam atau jeroan sapi disiram beserta dagingnya. Perpaduan cita rasa gurih, manis, dan pedas dalam satu suapan ini membuahkan sensasi yang unik.
 
Jika ingin menyantapnya di Jakarta, Anda dapat mengelabuinya dengan kombinasi pesanan rujak cingur tanpa buah (matengan), dan soto sulung. Siram keduanya, lantas santap segera!

Temukan disini:
Kantin Rujak Cingur Pak H. Hadi Khas Surabaya
Buat sendiri:
Resep Rujak Soto Banyuwangi

PENGKANG
Serupa dengan lemper di Pulau Jawa. Penganan ini diracik dari beras ketan yang dikukus, diisi ebi tumis,  lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Bedanya, kalau lemper berbentuk persegi panjang, pengkang tampil beda dengan bentuk segitiga dan dijepit dengan potongan kayu bambu, lalu dibakar di atas bara api. Ada dua bungkus segitiga dalam satu jepitan dan harus dibeli sekaligus.
 
Sejatinya, menyantap pengkang paling pas dicocol ke sambal kepah, yakni sambal dari kerang yang banyak hidup di hutan mangrove dekat pantai di sekitar Pontianak.

Temukan disini:
Jalan Pangeran Jayakarta, Pasar Modern Paramount Gading Serpong

BAKMI KEPITING
Makanan yang mendapat deskripsi cukup panjang oleh para pemeran Aruna saat menyantapnya. Satu porsi Bakmi Kepiting biasanya ditemani dengan pangsit goreng, bakwan udang goreng, tumis ayam kecap, dan tentunya capit kepiting. Kelembutan kaldu yang berpadu serasi dengan tekstur bakso ikan yang kenyal, semakin memperkaya hidangan dengan citarasa menyegarkan ini!

Temukan disini:
Food Court Eat and Eat, Spice Baso Ikan, Bakmi Kepiting Oukie, Bakmi Kepiting Ahok 36, Bakmi Kepiting 78
Buat sendiri:
Resep Mi Kepiting (Pontianak)

KACANG KUWA
Sajian yang cocok disantap saat cuaca dingin ataupun sebelum beraktivitas pagi. Sejenis wedang yang terdiri dari kacang yang direbus hingga empuk dan disajikan dengan kuah manis cenderung kental, berkat tambahan tapioka. Sebagian penjaja hidangan ini juga biasa membawa Tahwa (kembang tahu), untuk menambahkan sensasi bersantap. Yang tidak ketinggalan, tambahan taburan potongan cakwe garing sebelum disajikan!
 
Di daerah Kalimantan, hidangan semacam ini juga bisa ditemukan dalan hidangan Lek Tau Suan atau Bubur Gunting.

Buat sendiri:
Resep Bubur Gunting

Baca juga:
Perbedaan Lotek, Karedok, Pecel, dan Gado-Gado 
5 Makanan Nasiona Versi Kementrian Pariwisata
Tip Menulis Kuliner dari Pakar Hiang Marahimin 
 


Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#arunadanlidahnya, #filmindonesia, #foodtrend, #kuliner

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.