Food Story
Bukan Berasal Dari Negeri Barat, Es Krim Ternyata Berasal dari Tiongkok

16 Jul 2018


Foto: Unsplash
 
Dahulu kala, es krim merupakan makanan penutup yang berharga. Hanya si kaya raya yang bisa menikmati kelezatannya. Selama ini es krim sangat melekat dengan budaya Barat. Namun, ternyata dessert beku ini ternyata cikal bakal sajian ini berasal dari Tiongkok.

Es krim terbukti ditemukan di Tiongkok sekitar 200 SM, ketika orang-orang menbuat sepiring nasi dicampur dengan susu yang kemudian dibekukan dengan mengemasnya dalam salju. Raja Tang dari Dinasti Shang, Cina memiliki metode menciptakan es krim dari susu dan salju yang ditambahkan tepung, lalu diaduk.

Seribu tahun kemudian, sang penjelajah Marco Polo diyakini telah melihat es krim yang dibuat di Tiongkok selama perjalanannya. Kemudian ia memperkenalkannya ke Italia. Es krim yang dimaksud mirip dengan sorbet modern. Berita kelezatannya cepat menyebar di kalangan atas dan kaum bangsawan Eropa selama tahun 1500an. Pada zaman itu, es krim hanya akan tersedia bagi yang kaya dan berkuasa.

Inggris tampaknya telah menemukan es krim pada saat yang sama atau bahkan sebelum Italia. Diyakini bahwa es krim muncul sebagai menu yang kerap muncul di meja Raja Charles I selama abad ke-17. Bahkan, dikatakan ia telah membayar koki untuk menjaga resep rahasia dari masyarakat umum!

Es krim masuk ke benua Amerika ketika seorang kolonis Skotlandia mengunjungi Gubernur Maryland yang menulis tentang 'es krim stroberi lezat' yang dimakannya.

Di Indonesia, es krim diperkenalkan oleh bangsa Balanda yang kala itu menduduki Indonesia. Sama seperti di Eropa, hanya bangsa Belanda dan para petinggi yang bisa menyicipinya. Ice Cream Saloon adalah toko es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya.

Karena untuk mencicipi es krim sangat mahal harganya, masyarakat kalangan bawah kemudian membuat ‘tiruan’ es krim dengan membuatnya dari santan. Es krim palsu inilah yang sekarang kita kenal sebagai es puter. (f)

Baca juga:
Makanan-Makanan Lezat Ini Ternyata Tidak Sengaja Tercipta (1)
Perpaduan Kuliner Tiongkok dan Timur Tengah di Negeri Tirai Bambu
10 Rasa Kit Kat Unik ini Cuma Ada di Jepang (I)

 

Isyana Atiningmas


Topic

#foodstory, #eskrim