Food Story
Berburu Ikan Asap di Ambon

20 Aug 2018

Ambon memang memiliki sejuta pesona. Selain alamnya yang indah dan warganya yang ramah, ibu kota provinsi Maluku ini memiliki ragam kuliner yang lezat.

Rujak Natsepa salah satu yang wajib dicicip saat mengunjungi kota musik ini. Ikan segar selalu tersedia sebagai lauk utama warga Ambon. “Di Jakarta, ikan mati enam kali. Di Ambon ikan mati cuma sekali,” ujar walikota Ambon Richard Louhenapessy saat bertemu femina. Dengak kata lain, ikan di ambon langsung dijual sekembalinya para nelayan menangkap ikan.

Beragam masakan ikan lezat tersaji di setiap sudut kota Ambon. Namun, jika Anda ingin membawa buah tangan dari Ambon, ikan asar bisa menjadi pilihan. Ikan asar adalah sebutan warga lokal untuk menamakan ikan asap. Ikan asar biasa dibuat dari ikan tuna dan ikan cakalang.

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk membeli ikan asar. Salah satunya adalah Pusat Ole-oleh Ikan Asar Galala. Ada dua belas kios yang menjajakan ikan asar di sini. Satu ekor ikan asap dihargai Rp35.000. Jika membeli tiga ekor, cukup membayar Rp100.000. Saat membelinya, para penjual otomatis membungkusnya dengan rapi agar bisa langsung dikirim melalui pos atau dibawa ke dalam pesawat tanpa tercium aromanya.

Jika ingin mendapatkah harga miring, coba sambangi Pasar Ikan Arumbai. Di pasar ini, ikan langsung didatangkan oleh para nelayan, sehingga kesegarannya benar-benar terjamin. Nah, di jalan menuju pasar ikan, Anda akan menjumpai beberapa penjaja ikan asar. Di sini, Anda cukup merogoh kantong sebanyak Rp15.000 untuk mendapatkan satu  ekor ikan asap.(f)

Baca juga:
Ini Rahasia Kelezatan Rujak Natsepa Yang Tersohor di Ambon
Otak Otak Khas Gorontalo Ini Adalah Makanan Perdamaian Para Raja
Ini Beda Nasi Padang dan Nasi Kapau

 

Isyana Atiningmas


Topic

#ikan, #ikanasap, #ambon