Food Story
5 Bahan Makanan Yang Tidak Pernah Absen Dibawa Orang Indonesia Saat Plesiran Ke Luar Negeri

15 Sep 2018


Photo: Dok. Pixabay

Plesiran ke luar negeri memang selalu menarik. Selain menilik objek wisata, berkunjung ke tempat-tempat makan menarik atau mencicipi makanan khas negara asal, menjadi hal yang tidak boleh lewat dari agenda. 

Walaupun begitu, bagi sebagian orang ternyata bisa tiba-tiba rindu akan makanan khas Indonesia. Cara mengobatinya, yakni dengan membawa berbagai bahan makanan yang bisa menjadi pengobat rindu. Bagaimana dengan Anda? Apa kira-kira yang wajib ada dalam koper traveling Anda? 

1/ Saus Sambal
Makan tanpa sentuhan sambal, ibarat kurang mantap bagi sebagian orang Indonesia. Karena disediakan dalam bentuk sachet, sambal jenis ini pun menjadi penyelamat untuk menaikkan cita rasa makanan yang terkadang datar.

“Saking takutnya jika sambal yang saya bawa kurang banyak, sambal-sambal tersebut masih tersisa saat saya kembali ke Indonesia,” ujar Joe Taslim di sela-sela peluncuran merk Sambal Jawara dari Unilever. 

2/ Sambal Tradisional Kemasan
Kecerdikan para pengusaha dalam mengemas sambal tradisional, rupanya menjadi oase segar bagi para pencinta masakan asli Nusantara. Sebut saja kehadiran Sambal Korek, Sambal Petis, Sambal Terasi, Sambal Roa, hingga Sambal Andaliman yang membuat lidah bergetar.

Selain cocok dijadikan buah tangan untuk teman atau kerabat yang kangen akan makanan Indonesia, sambal-sambal tersebut dijamin mengobati rasa rindu saat dipadukan dengan nasi putih hangat. Kurang Indonesia apa coba?

3/ Kecap Manis
Andalan bagi kebanyakan masyarakat yang berdiam di daerah Jawa. Cita rasa manis kentalnya memang tidak bisa ditandingi oleh bahan makanan lain. Yakin Anda bisa menolak kenikmatan Telur Mata Sapi dengan cipratan sedikit kecap manis?

4/ Abon
Praktis dan ringan. Kehadiran Abon memang menjadi penyelamat terlebih saat budget mulai menipis, ataupun saat harus segera membutuhkan makanan berenergi.

Tinggal pilih saja variasi ayam, sapi, hingga ikan yang keseluruhannya lezat! 

5/ Chilli Flakes
Untuk yang berjiwa petualang, bereksplorasi akan makanan asli negara yang sedang dikunjungi menjadi hal wajib. Oleh karena ini, merusak cita rasa asli seolah tabu.

Maka, jika makanan yang disantap terasa kurang nendang, solusi yang diberikan dengan cara menaburkan chilli flakes. (f) 

Baca juga:
Tip Menulis Kuliner dari Pakar Hiang Marahimin
Madbowl Eatery, Donburi yang Dekat di Hati dari Serpong
Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jadi Gerbang Penerbangan Maskapai Biaya Rendah


Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#foodstory, #kuliner

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.