Food Review
Lapis Legit Cempedak Keluarga Sastrawinata

22 Dec 2018

Foto: Shinta Meliza (Femina Group)

Rina Mila Sastrawinata menjamu kru Femina dengan lapis legit cempedak buatannya. Di ruangan lainnya, berloyang-loyang lapis legit, fresh from the oven, disiapkan untuk buah tangan kru hari itu. Ini cake andalan keluarga besar Ciputra saat merayakan Imlek dan Natal. Rina Mila berkerabat dengan sosok pengusaha properti bernama besar itu. 
 
Resep dari lapis legit nikmat ini berjalan selama tiga generasi, dimulai dari ibunda Rina Mila di tahun 1960an. Walau tidak beriklan khusus, pelanggan cake ini banyak. Cara berpromosi dari mulut ke mulut bertahan hingga ke ‘anggota’ baru usaha ini, yakni dua menantu wanita Rina Mila, yakni Yenti dan Jennifer Lie.

 Foto: Shinta Meliza (Femina Group)
 
Lapis legit cempedak tergolong jarang ditemukan di pasaran. Tekstur lapis legit buatan Ibu Rina sangat empuk, wangi mentega Belanda. Cempedaknya pilihan karena matangnya pas dan aromanya tajam. Sulit untuk bertahan hanya di satu potong saja.
 
Baru belakangan saja lapis legit ini dilabeli Chelsea’s Cake. Anda yang tertarik memesan lapis legit nikmat ini untuk Natal harus siap antre dengan pelanggan lainnya. 

Mau tahu cerita di balik lapis legit ini? Simak perbincangannya dengan Femina berikut ini:
 
F: Kapan keluarga Anda mulai berjualan lapis legit ini?
Rina: Resepnya dibuat oleh Mami, di tahun 1960-an. Dia juga jago bikin kue tart rasa moka dan cokelat. Sewaktu masih tinggal di Tanah Abang, mami belajar di tenpat kursus Nila Chandra, Dharmaputra, dan Ny. Tanzil. Sekarang, dapur kami pindah di kediaman saya di Cakung.
 
F: Resepnya masih orisinil?
Rina: Untuk adonan dasar, kami menggunakan resep yang sama sejak dulu. Baru ketika bisnis berada di tangan saya sepenuhnya, hadir rasa cempedak, durian monthong, hingga prune.
 
Yenti: Bahkan, ada lapis legit meises yang justru laku sekali. Mungkin enggak ada yang buat seperti ini di Jakarta.
 
Jennifer: Berbeda dengan cik Yenti yang sudah 10 tahun membantu bisnis ini, saya baru gabung belakangan. Tugas saya masih seputar finishing, seperti melapis daging cempedak, bukan membuat adonan dari awal. Urutannya, adonan ‘polos’, adonan bercempedak, lalu adonan ‘polos’ lagi. Selang-seling. Kadang ada pelanggan yang enggak suka kalau kebanyakan cempedaknya. Dari jaman oma, enggak ada resep tertulis. Saya mengamati dan menghafal takaran.

Foto: Shinta Meliza (Femina Group) 


F: Mencari buah cempedak yang matang sulit, bukan?
Yenti: Ya. Dulu, kami harus ke area Kota (Jakarta Pusat-Red.) untuk mencarinya. Sekarang, buah cempedak diantar dari Depok, bisa 100 buah per hari. Cempedak diantar menggunakan motor oleh sang penjual dan anaknya.  
 
F: Apa rahasia kenikmatan lapis legit keluarga ini?
Rina: Kami memakai 100% mentega Wijsman, enggak pakai obat pengembang. Pengembangnya murni dari jumlah telur yang enggak dikurang-kurangi. Kini, kami pakai oven modern, bukan lagi dibakar pakai arang. Dari pukul 5 subuh hingga malam, dua asisten bertugas  untuk melapis dan memanggang. Ovennya enggak ditutup karena pergerakan melapis adonan dan memanggang dilakukan nonstop, cepat sekali. Wanginya sampai ke rumah tetangga, he.. he.. he..
 
F: Kapan biasanya pesanan membludak?
Rina: Terutama saat Imlek dan Natal. Di hari-hari yang lebih leluasa, biasanya pemesanan di pagi hari bisa rampung di hari yang sama. Promosinya sederhana, saya meneruskan cara mami berjualan, yakni dibawa ke sekolah anak untuk iseng-iseng dicoba oleh sesama orang tua. Enggak pernah buka toko.
 
Yenti: Di akun Instagram pribadi saya @yentichelsia,  saya sesekali melakukan promosi, walau tidak intens. Nomor telpon pemesanan tertera pada stiker lapis legit versi potongan.  Biasanya orang-orang tahu juga dari situ.Tapi, kadang pun lapis legit potongan tidak berstiker karena enggak semua orang mau ada labelnya. Jadi, popularitas lapis legit keluarga ini memang berkembang berdasarkan rekomendasi orang-orang terdekat. Jika pun ada yang membandingkan harga, setelah mencobanya mereka akan paham. Cita rasanya memang istimewa berkat resep klasik yang dipertahankan keluarga kami. (f)
 
Info pemesanan:
Chelsea’s Cake (
Akun Instagram: @yentichelsea)
081905667171 / 0878 8000 5700
Workshop: Area Cakung, Jakarta Timur


Baca juga: 

Hanya 30 Ribu-an, Pilihan Makan Siang Enak Temuan Editor Femina!
Chavaty, Kafe Tea Latte Asal Jepang Yang Antreannya Selalu Mengular
 

Trifitria Nuragustina


Topic

#foodreview, #kulinernusantara