Food Review
5 Jajanan Enak Wajib Coba di Bandung

23 Sep 2016


Foto: VL, HC

Menjamurnya restoran gaya hidup di Bandung tidak mengurangi kesibukan para penjaja makanan kaki lima dalam melayani penggemarnya. Di tangan mereka, hadir cita rasa yang selalu dicari di tengah bergulirnya tren makanan internasional milik kafe modern.

Berikut ini 5 makanan kaki lima yang membuat Kota Bandung khas karena makanannya. Bagi yang mengaku pengulik kuliner lokal, tak lengkap menyusuri kota ini tanpa mampir sejenak dan jajan mencoba versi terbaiknya!
 
ROTI BAKAR
Kepulan asap di Roti Bakar 234 di gang Kote menjadi daya pikat para penggemarnya. Sebelum diolesi dengan selai rasa favorit, roti tawar yang tebal ini dipanggang di atas wajan datar besar yang diletakkan di atas bara api. Beda dengan roti bakar lain, yang khas dari roti bakar Bandung adalah ketebalan rotinya. Dua kali lipat dari roti bakar biasa.

Selain selai yang umum digunakan, seperti kacang, cokelat, dan stroberi, ada juga olesan yang unik di sini, yaitu lobi-lobi. Buah yang biasanya dijadikan salah satu bahan rujak ini dijadikan selai sebagai bahan olesan. Tersedia juga roti bakar gurih dengan isian kornet.
 

KUPAT TAHU
Pagi hari, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke salah satu pasar tradisional. Biasanya, di sana banyak penjual kupat tahu gerobak yang lezat. Ada dua versi kupat atau ketupat yang populer di Bandung, yakni kupat tahu dan kupat kari. Kupat kari  mirip dengan lontong sayur kuah santan dengan potongan daging sapi. Sementara kupat tahu adalah ketoprak versi Bandung dengan kucuran saus kacang yang juga mengandung santan di dalamnya.
 
Bedanya dengan ketoprak, selain kuah santan yang membuat sausnya gurih, kupat tahu ‘sah’ kalau memakai tahu kuning khas Bandung. Jika sedang berbelanja perabot dapur di area Pasar Baru, gerobak Kupat Tahu di Jalan Kalipah Apo yang sudah berjualan puluhan tahun ini wajib dihampiri.

SERABI
Pasar Cihapit merupakan salah satu tempat jajan sarapan terbaik. Ini adalah surganya makanan enak di pagi hari. Salah satu yang paling laris di sini adalah serabi atau surabi dalam bahasa Sunda. Penjaja serabi yang mangkal  tiap harinya di depan Toko Djitu ini hanya menyajikan satu rasa, yakni serabi oncom. Ini adalah versi orisinal serabi Bandung yang topping oncomnya menggunakan oncom asli buatan Bandung.
 

 Untuk mendapatkan beberapa buah kue dari adonan tepung beras ini, Anda mesti sabar mengantre. Penggemarnya tak hanya memesan satu atau dua buah serabi, melainkan hingga puluhan. Tekstur  dan rasanya pun beda jika dibandingkan dengan serabi sekarang ini yang cenderung lebih fluffy dan berpori. Yang ini, lebih padat, gurih, dan lembut. Cuma bisa didapat dari resep warisan turun-temurun! Topping oncom pedasnya mengingatkan pada oseng oncom leunca yang selalu mantap ditemani nasi panas.

SOTO BANDUNG
Kuah bening dengan potongan daging sapi dan lobak adalah ciri khas soto Bandung. Di Jalan Alkateri, Bandung, tersembunyi gerobak soto Bandung yang kuahnya bening, tapi berbumbu medok. Sambil menyeruput kuah soto, nikmati es cendol yang berada persis di sebelahnya.


LOTEK
Penggemar sayuran berbumbu kacang seperti gado-gado, pecel, atau karedok pasti tidak akan melewatkan kesempatan jajan di surganya lotek. Sensasi aroma kencur yang menjadi ciri khas lotek memang tidak bisa digantikan oleh gado-gado atau pecel. Ada beberapa lotek yang menjadi pilihan femina, yaitu Lotek Mahmud, Lotek Cilentah, dan Lotek Kalipah Apo.

Cek juga:
  • Kupat Tahu Kalipah Apo: Jl. Kalipah Apo, Pasar Baru (tidak jauh dari Lotek Kalipah Apo).
  • Nasi Kuning Lumayan: Gg. Asep, Jl. Mohammad Toha.
  • Mih Kocok Mang Dadeng: Jl. Ahmad Dahlan.
  • Martabak Andir: Jl.Jend.Sudirman.
  • Roti Bakar 234: Gang Kote, Jalan Jend. Sudirman.
  • Martabak Asan:Jl. Kebun Kawung. Telp. 0817431192
  • Surabi Cihapit: Pasar Cihapit, depan Toko Djitu.
  • Mie Aseu: Gang Siti, Jalan Kalipah Apo
  • Mi Akim:Jl. Rama
  • Lotek Mahmud: Jl. Mahmud IV, no.9. (f)
Baca juga:
Nasi Bigul di Bandung
Makan Sore di Bandung Utara

Dessert Nikmat di Pastry Anggrek 28 di Bandung
5 Street Food Terbaik di Bandung

Valentina Limbong


Topic

#KulinerBandung

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.