Fiction
Cerita Pendek: Pria Sinterklas

25 Dec 2018


 
“Seperti The Little Prince,” sambungnya, “film anak-anak yang sarat makna. Dari satu lapisan anak-anak bisa memaknainya sebagai visual yang menghibur, tapi di lapisan lebih dalam, orang-orang dewasa dibuat merenung.”
 
Aku manggut-manggut.
 
Setelah mengelilingi ruang pameran aku pun menyadari betapa jujurnya Antoine de Saint-Exupery menuangkan kegelisahannya dalam tulisan dan menempatkan tokoh-tokoh yang merepresentasikan karakter-karakter dalam hidup.
 
Pangeran Kecil mewakili kanak-kanak dalam dirinya yang menolak tua. Si Mawar adalah istri yang dicintai sekaligus ditinggalkannya. Rubah yang mencintai sebagai seorang sahabat, namun tak bisa dimiliki.
 
Raja, Pengusaha, Pedagang yang mewakili berbagai sifat dari masyarakat. Sayangnya, si pengarang, yang sekaligus aviator itu, hilang tak berjejak. Ia seolah lesap di udara, saat terbang melintasi Benua Hitam.
 
Runtuhan pesawatnya ditemukan, tetapi jasadnya tidak. Ia misteri sampai kini dan seolah mengamini apa yang dituliskannya: “I don’t wish to die, but I’m-gladly-to go to sleep like this.”
 
“Aku ingin menjadi penulis,” kataku mendadak.
 
Kita sedang duduk-duduk di taman ini untuk ketiga kali. Saat itu hampir malam, lampu-lampu taman sudah dinyalakan lengkap dengan rencengan bohlam Natal warni-warni.
 
“Seperti Exupery. Wah, kamu bisa jadi penulis skenario filmku.”
 
Aku menoleh ke arahmu, menangkap binar mata yang gagal disembunyikan bayang-bayang akasia. Bahkan, setelah pertemuan ketiga, kita tidak saling bertukar nama dan nomor telepon.
 
Aku terlalu takut untuk memulai, sementara alasanmu entah apa. Selama tiga hari bersama aku tidak pernah melihatmu mengeluarkan ponsel, dan kita selalu bersapaan dengan ‘aku’ dan ‘kamu’ (kadang-kadang kau memanggil ‘Non’) seolah kita adalah teman lama yang terdampar di negeri asing berdua.
 


Topic

#fiksi, #cerpen, #natal

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?