Family
Ini Manfaat Mendongeng Untuk Anak-Anak

30 Jan 2019


Foto: Des
 
Puluhan anak-anak terlihat antusias mendengarkan cerita Ario Zidni dari Ayo Dongeng Indonesia. Mata mereka tampak berbinar. Tak jarang mereka tertawa lepas akan aksi lucu Ario. 

Sesi dongeng yang dibawakan Ario jadi salah satu bagian acara peresmian bangunan sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Gracia Kids 2 di desa Papu, Watumbaka, Sumba Timur pada hari Sabtu, 26 Januari 2019 lalu, Yayasan Wings Peduli Kasih (YWPK) yang berada di bawah Wings Corporation. Lewat dongeng, Ario berusaha memotivasi anak-anak dalam belajar dan berani menggapai mimpi.

Ditemui seusai acara, Ario mengatakan bahwa mendongeng itu sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak. Apalagi bila mendongeng dengan menggunakan buku. Hal itu akan memperkenalkan dan mendekatkan anak pada buku.

“Bila anak sudah kenal dan dekat dengan buku, maka literasi atau pengenalan mereka tentang huruf akan lebih baik. Lewat hal itu pula mereka bisa belajar membaca,” kata Ario.

Mendongeng tanpa buku pun tetap memiliki manfaat yang besar, yaitu mendekatkan anak dengan orang tuanya. Dan menjalin komunikasi yang baik. Sehingga orang tua akan lebih mudah mengajak anaknya melakukan hal-hal yang baik.

Semua cerita cocok bagi anak, tapi akan lebih bila disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak. Khusus anak-anak berusia PAUD dan TK akan lebih menyenangi dongeng yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti bentuk, warna, dan binatang.

“Untuk anak-anak yang berusia SD ke atas, kita bisa menyampaikan dongeng yang berisi tentang pesan moral, seperti cerita rakyat atau cerita tentang kepahlawanan,” tuturnya.

Ario menambahkan, mendongeng dapat dilakukan di rumah oleh orang tua atau pun di sekolah oleh para guru dengan durasi sekitar 20 menit.

“Waktu terbaik mendongeng di rumah adalah ketika anak menjelang tidur. Manfaat dongeng akan sangat terlihat bila dilakukan secara rutin dan konsisten,” ucapnya. (f)

Baca Juga: 

Perpustakaan Nasional RI Ajak Wanita Untuk Ikut Serta Mengembangkan Literasi
Sumber Daya Manusia Berkualitas Ditentukan Oleh Kualitas Makanan
   







 

Desiyusman Mendrofa


Topic

#keluarga, #dongeng