Family
Ditinggal ART, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Mencari Tempat Penitipan Anak

15 Dec 2018


Dok: Pexels.com
 
Menjelang hari-hari besar keagamaan seperti Lebaran dan Natal serta libur panjang, ditinggal asisten rumah tangga pulang kampung sudah menjadi hal yang umum terjadi. Bagi pasangan yang sama-sama bekerja, tentunya kondisi ini menimbulkan masalah, kemana menitipkan anak.
 
Pilihannya meminta bantuan keluarga untuk menjaga anak atau menitipkannya di tempat penitipan anak. Jika pilihan terbaik yang Anda dan pasangan miliki adalah mencari tempat penitipan anak, lakukan lima hal ini saat Anda mencari tempat terbaik:
 
1/ Pastikan penyedia jasa penitipan anak tersebut memiliki izin. Dengan memiliki izin berarti tempat tersebut telah memenuhi standar yang ada dan juga berbagai peraturan tentang kesehatan.
 
2/ Kunjungi beberapa tempat penitipan anak sebelum menentukan pilihan. Dengan memiliki beberapa pilihan Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tempat penitipan anak. Misalnya, satu staf bertugas mengawasi berapa anak? Idealnya, perbandingan jumlah staf dan anak adalah 1 : 4 hingga 1 : 6 , tergantung usia anak.
 
3/ Tidak ada salahnya Anda mewawancarai penyedia jasa atau pengelola tempat penitipan anak. Ajukan beberapa pertanyaan penting, seperti berapa jumlah tenaga penjaga? Satu tenaga penjaga mengawasi berapa orang anak Fasilitas apa yang disediakan? Pendidikan apa yang diberikan? Apa yang dilakukan anak di waktu senggang: menonton televise atau ada kegiatan menarik lainnya?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menjawab semua keraguan dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam diri orang tua.
 
4/ Sesudah memutuskan tempat penitipan anak mana yang akan Anda pilih, kunjungi lokasi tersebut sekali lagi. Sebaiknya, pilih waktu kunjung berbeda dari sebelumnya. Pastikan kembali apakah lapangan tempat bermain aman, apakah anak-anak di situ merasa senang, juga pastikan soal keamanan anak.
 
5/ Carilah tempat penitipan anak di mana orang tua bisa datang berkunjung kapan saja tanpa harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu. Tinjauan mendadak bisa dilakukan sebagai bagian dari pengawasan dan perlindungan terhadap anak. (f)

Baca Juga: 

Kenali Depresi Pada Anak Sejak Dini Lewat Kuis Singkat Ini
Kenali Tanda-tanda Anak Alami Kesepian
4 Cara Merangsang Motorik Anak








 

Faunda Liswijayanti


Topic

#keluarga

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.