Easy Cooking
3 Rahasia Pancake Sempurna untuk Menu Sarapan

1 Jan 2017


Foto: Stocksnap.io

Pancake yang ideal memiliki tekstur yang berpori dan fluffy (istilah untuk tekstur yang tebal namun lembut). Penyerta wajibnya adalah sirop maple dan beberapa iris pisang, jika Anda suka. Ini dia resep pancake untuk Anda coba besok pagi.

Bahan:
300 ml susu cair 
2 butir telur ayam, kocok lepas
5 sdm mentega tawar
3 sdm minyak sayur
Ayak:
220 g tepung terigu serbaguna
5 sdm gula pasir
2 sdt baking powder
½ sdt garam
Pelengkap:
Sirop maple
Mentega tawar

Cara membuat:
  • Kocok rata susu, telur, 1 sdm mentega, dan 1 sdm minyak. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit, sambil aduk-aduk hingga tercampur rata.    
  • Panaskan wajan dadar di atas  api sedang. Olesi ½ sdt mentega tawar dan ½ sdt minyak.  Tuang 4 sdm adonan.  Masak selama  ± 3 menit hingga berpori-pori dan kecokelatan.  Balik, masak kembali hingga matang.  Sajikan hangat dengan olesan mentega dan sirop maple.
RESEP TELAH DICOBA DI DAPUR UJI FEMINA

Tip:
  • Sirop maple: Terbuat dari getah pohon maple Kanada. Akarnya menyimpan kadar gula tinggi kala musim dingin dan naik menuju batang saat musim semi, kemudian siap dipanen. Cairan gula ini berwarna oranye yang lalu berubah cokelat keemasan setelah pengolahan. Kini sirop maple lebih banyak dibuat dari esens maple.
  • Buttermilk: Pancake terkadang dicampur buttermilk agar lebih empuk. Karena buttermilk mahal, bisa diganti dengan 250 ml susu cair yang didiamkan dengan 1½  jeruk lemon yang diambil airnya.
  • Suhu wajan: Wajan cukup diolesi dengan sedikit mentega/ margarin. Jika terlalu banyak, permukaan pancake menjadi garing dan tidak memiliki warna cokelat yang merata. (f)



Topic

#Resep

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.