Celebrity
Sandra Oh, Aktris Asia yang Membuat 3 Sejarah Baru di Golden Globes

9 Jan 2019


Dok. Getty Image
 
Ajang penghargaan Golden Globe ke-76 baru saja selesai diadakan. Nama-nama pemenang pun telah diumumkan, yang beberapa di antaranya memicu pro-kontra, atau bahkan ada yang mengatakan bahwa tahun ini ajang penghargaan ini terasa ‘membosankan’.
 
Namun terlepas dari itu, ada satu sosok yang banyak membuat orang ikut merasa bangga, seraya melakukan standing applause atas apa yang sudah diraihnya. Ia adalah Sandra Oh, aktris dari Kanada keturunan Korea, yang mencetak tak hanya satu, tapi tiga sejarah baru dalam ajang penghargaan film bergengsi ini. Yaitu :
 
1/ Orang Asia pertama yang menjadi pembawa acara di Golden Globes
 
Selama ini ajang penghargaan Golden Globes cenderung lebih banyak memilih pria kulit sebagai pembawa acara, kecuali tahun 2013 dan 2015 yang dilakukan oleh Tina Fey dan Amy Poehler.

Tahun 2019 ini kehadiran Sandra Oh sebagai co-host Golden Globes bersama Andy Samberg, mencetakkan sejarah baru. Yaitu dimana ia menjadi orang asia pertama yang menjadi pembawa acara.

“Saya mengatakan ‘ya’ terhadap ketakutan berada di panggung malam ini, karena saya mau berada di sini melihat para tamu dan menyaksikan momen perubahan,” tuturnya dalam monolog pembukaan acara.
 
2/ Wanita Asia pertama yang memenangkan beberapa penghargaan di Golden Globes
 
Pada Golden Globes 2019 lalu, Sandra mendapatkan penghargaan Aktris Terbaik untuk kategori serial televisi berkat seri Killing Eve. Namun sebenarnya, ini bukanlah kemenangan pertamanya. Pasalnya, pada tahun 2006 ia sudah lebih dulu menyabet penghargaan Aktris Pemeran Pembantu Terbaik untuk perannya sebagai Cristina Yang dalam serial Grey’s Anatomy.

Ini menjadikan Sandra sebagai wanita Asia pertama yang memenangkan lebih dari satu penghargaan di ajang Golden Globes.
 
3/ Wanita Asia pertama dalam 39 tahun yang memenangkan penghargaan Aktris Terbaik Drama TV di Golden Globes
 
Aktris Asia terakhir yang pernah memenangkan kategori Aktris Terbaik Drama TV adalah Yoko Shimada yang berperan dalam serial Shogun di tahun 1980. Setelahnya, belum pernah ada lagi yang menggantikan posisinya.
 
Namun Sandra mematahkan kutukan tersebut dengan menjadi Aktris Terbaik Drama TV di Golden Globes berkat serial Killing Eve. Momen ini pun akan semakin membuka peluang besar para aktris Asia.(f)

Baca Juga :

10 Selebritas dengan gaya Terbaik pada Golden Globe 2019
Menu Dinner Golden Globe 2019 Bertema Emas
Black Panther hingga Aktris Crazy Rich Asian Cetak Sejarah Baru di Golden Globe Award 2019

 
 

Citra Narada Putri


Topic

#SandraOh, #GoldenGlobes