Celebrity
Berperan Jadi Emak, Nirina Zubir Tak Pernah Nonton Serial Keluarga Cemara

17 Dec 2018


Dok: femina
 
Anda yang tumbuh di era tahun 90a-an pasti akrab dengan sosok ‘Emak’ dalam serial televisi berjudul Keluarga Cemara. Dalam serial yang bercerita tentang kehidupan keluarga sederhana ini, sosok Emak - diperankan oleh Novia Kolopaking - memiliki kehidupan sentral sebagai pendamping Abah (diperankan oleh Adi Kurdi), dan kedua anak mereka - Ara dan Euis yang mulai beranjak remaja. Serial televisi yang sarat mengangkat nilai-nilai kekeluargaan ini pun akan kembali hadir menyapa penggemarnya lewat film layar lebar. Tetap berjudul Keluarga Cemara , film produksi Visinema Pictures ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 3 Januari 2019 mendatang.

Melintasi generasi, penulis naskah sekaligus produser film ini Gina S. Noer mengatakan, kisah Keluarga Cemara dalam film dibuat dengan menyesuaikan pada kondisi keluarga masa kini. Dua bintang yang dipilih untuk memerankan sosok Abah dan Emak pun cukup di luar dugaan, yaitu Ringgo Agus Rahman (Abah) dan Nirina Zubir (Emak). Keduanya lebih dikenal sebagai bintang drama komedi. Nirina bahkan sempat mengaku tidak percaya kalau ia akan memerankan sosok Emak, karena menurutnya gaya panggungnya selama ini lebih identik dengan dunia komedi yang ‘rame’ dan ‘cerewet’.

Tak ingin salah memerankan sosok Emak, Nirina berpegang pada arahan sang sutradara, Yandy Laurens. “Saya tanyakan langsung, sosok emak seperti apa yang ingin ditampilkan dalam versi film ini. Saat itu, sutradara mengarahkan saya untuk menjadi sosok emak masa kini,” ujar Nirina. Apalagi cerita Nirina, saat serial Keluarga Cemara tayang di televisi nasional, dirinya sedang menimba ilmu di luar negeri. Jadi ia mengaku tidak pernah nonton serial drama ini.

“Tapi saya dengar tentang serial ini, karena waktu saya pulang ke Indonesia, sedang booming, bahkan istilah keluarga cemara sempat ramai digunakan untuk menggambarkan keakraban keluarga,” ungkap Nirina, tersenyum.
 
Tak ingin terpengaruh oleh sosok Emak yang diperankan oleh Novia Kolopaking, Nirina memilih untuk tidak menonton serial keluarga Cemara. “Saya ingin menginterpretasikan Emak era sekarang. Jadi sangat berpegang pada arahan sutradara saja,” katanya. Nirina leih melihat pada kehidupan keluarga dan teman-temannya yang telah memiliki anak remaja. “Berdasarkan pengalaman saya dengan anak selama ini, dan saya juga belajar dari teman dan keluarga yang punya anak remaja. Cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi,” tambahnya.
 
Ketika keluarga dirundung masalah keuangan akibat usaha yang bangkrut dan sebagai kepala keluarga Abah harus tetap berperan menjadi nakhoda rumah tangga, Emak yang sangat pengertian menjadi oasis di tengah masalah. Dengan sifat keibuannya, ia selalu menjadi penengah, memberikan solusi dan semangat baik kepada Abah maupun kepada anak-anaknya, Euis (Adisty Zara, JKT 48) dan Cemara (Widuri Putri Sasono). Seperti apa keseruan Keluarga Cemara masa kini, nantikan tayangan film keluarga ini awal tahun 2019. (f)

Baca Juga: 

Film Keluarga Cemara Mengajak Kita Kembali ke Keluarga
Film Keluarga Cemara, Perayaan Cinta untuk Keluarga
Nirina: Ibu Yang Membumi





 

Faunda Liswijayanti


Topic

#filmindonesia, #filmkeluarga, #keluargacemara