Career
Kunci Sukses Jadi Entrepreneur Para Introvert Seperti Mark Zuckerberg dan Elon Musk

25 Oct 2018


Foto: Fotosearch


 
Istilah introvert atau ekstrovert digunakan untuk membedakan sifat orang berdasarkan kesukaan mereka menghabiskan waktunya. Introvert cenderung diam, soliter dan menyukai hal-hal yang bersifat instropektif sementara extrovert sebaliknya, yaitu penuh energi, kolaboratif, dan menyukai sosialisasi. Dengan karakter seperti itu, sudah jelas bila seorang introvert, memilih ‘karier’ sebagai entrepreneur tentu menjadi tantangan.
 
Tapi, benarkah seorang introvert tidak bisa menjadi entrepreneur? Jelas tidak begitu. Karena faktanya, banyak contoh-contoh pengusaha sukses berikut ini yang ternyata seorang introvert.

Larry Page
Bersama Sergey Brin, Larry Page menciptakan Google. Dan kita smeua tahu, bagaimana kisah Google pada akhirnya. Page bekerja untuk Google dan menjadi CEO sampai tahun 2001, lalu kembali ke posisinya pada tahun 2011 sampai tahun 2015 saat Google bermigrasi ke Alphabet.

Pada masa itu, penunjukkan Page pada posisinya dianggap aneh karena sifatnya yang sangat pendiam dan ‘geek’. Namun, kediaman Page justru membuatnya bisa berkreasi dan membuat inovasi-inovasi baru, baik produk maupun brand yang unik sehingga mampu menjadi perusahaan yang sangat besar kini. bagkan Google dianggap memiliki corporate culture yang baik.

Bill Gates
Menurut penemu Microsoft ini, “Jika Anda cerdas, maka Anda bisa belajar bagaimana mengambil keuntungan menjadi seorang introvert, mungkin bisa dikatakan, tidak masalah untuk berdiam diri berhari-hari, berpikir tentang hal-hal berat, membaca apapun yang Anda bisa, dan memacu diri untuk berpikir keras hingga melewati batas-batas area. Setelahnya, jika Anda menemukan sesuatu, maka Anda harus meng-hire orang ekstrovert sehingga bisa saling melengkapi.”

Mark Zuckerberg
Penemu facebook dan miliader muda ini oleh COO Facebook Sheryl Sandberg digambarkan sebagai pemalu, introvert dan seringkali terlihat tidak hangat pada orang-orang yang tidak mengenalnya, padahal dia adalah orang yang hangat.  Satu hal pasti, Mark memiliki tim yang bisa menambal ‘kekurangannya’ menjadi kelebihan sehingga membuat facebook berhasil menjadi sukses seperti saat ini.

Elon Musk
Kalau melihatnya sekarang, mungkin orang tidka percaya bahwa Musk dulu sorang yang pendiam dan introvert. Musk sendiri mengakui hal itu, hingga sampai pada suatu titik ia melihat pentingnya belajar komunikasi dan bersosialisasi agar ide-idenya bisa berhasil diwujudkan.

Lalu apa strategi untuk si introvert? Lanjutkan ke halaman berikut, ya.
 


Topic

#karier, #entrepreneur, #kisahsukses

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?