Career
Ini Jenis Pekerjaan yang Akan Banyak Diminati di Tahun 2019

3 Jan 2019


Dok. Daria Nepriakhina / Unsplash
 
Perkembangan teknologi telah banyak memengaruhi kehidupan manusia, termasuk mengubah bagaimana pasar pekerjaan bergerak. Menurut laporan Payscale di akhir tahun lalu, pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan erat dengan teknologi banyak mendominasi lapangan pekerjaan dan menjadi jenis pekerjaan yang mengalami pertumbuhan paling pesat.
 
Di sisi lain, pekerjaan di lingkungan desain dan komunikasi pun menempati 10 posisi teratas sebagai pekerjaan paling berkembang.
 
Banyaknya penggunaan data dalam kehidupan sehari-hari - karena kini setiap kegiatan memanfaatkan teknologi – mengharuskan banyak perusahaan untuk mempekerjakan orang yang mampu menganalisis, membuat model, menyimpan dan melindungi komoditas penting ini.
 
“Oleh karena itu, pekerjaan yang kami lihat sebagai yang paling diminati adalah pekerjaan yang masuk dalam kategori : data scientist, data warehouse engineer dan spesialis keamanan siber,” tutur Katie Bardaro, Payscale Chief Economist.


Dok. Payscale
 
Dari laporan Payscale, pekerjaan yang paling cepat berkembang di tahun 2018 adalah software developer, yaitu sekitar 572%. Dan diperkirakan, jenis pekerjaan ini akan terus berkembang di tahun 2019.
 
Menurut Bardaro, hal ini terjadi karena di tahun baru ini akan semakin banyak perusahaan yang berinvestasi dalam penggunaan internet, sehingga dibutuhkan pekerja-pekerja yang mampu membuat pengembangan tersebut cepat dilakukan dan mampu mengatasi masalah yang ada.
 
Alasan lain mengapa pekerjaan-pekerjaan berbasis teknologi akan sangat lazim ditemui di pasar kerja adalah karena industri berbasis teknologi adalah industri dengan pertumbuhan yang tinggi dengan upah yang besar.
 
Selain profesi software developer, posisi lain dengan perkembangan yang pesat adalah director of community engagement. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan yang mampu memfasilitasi komunikasi antara organisasi dan masyarakat umum.
 
Sedangkan pekerjaan ketiga lainnya adalah profesi desainer grafis. Desainer grafis dapat bekerja di hampir semua jenis pekerjaan dengan menggabungkan seni dan teknologi. Pertumbuhan dari pekerjaan ini adalah sebesar 234 %. (f)

Baca Juga :
 
Industri Teknologi, Magnet Baru Bagi Wanita Karier
Menghadapi Dunia Kerja Di Masa Mendatang
5 Langkah SMART Agar Resolusi 2019 Segera Terwujud

 
 

Citra Narada Putri


Topic

#pekerjaan, #karier

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.