Foto: Pixabay
Tanpa sengaja saya mengetahui gaji rekan sedivisi. Tak disangka, efeknya buruk. Saya yang semula tidak terusik dengan beban kerja, dan hasil pikiran saya yang sering dipakai teman-teman untuk setiap proyek, jadi merasa tidak rela. Bagaimana solusinya?
Salma - Bandung
Masalah gaji memang sensitif dibicarakan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa gaji merupakan salah satu pemicu kepuasan kerja yang dapat meningkatkan kinerja karyawan. Tetapi, jangan sampai permasalahan itu membuat Anda patah semangat mengerjakan tanggung jawab Anda yang dapat menurunkan kinerja.
Anda bisa membawa masalah ini kepada atasan. Sebelumnya, pastikan permasalahan ini benar-benar dilihat dari sisi yang objektif, bukan semata-mata perasaan ketidakpuasan. Pilihlah waktu yang tepat ketika hendak berbicara.
Persiapkan diri Anda, buatlah daftar proyek yang berhasil Anda kerjakan, serta tanggung jawab tambahan lain yang telah Anda selesaikan. Utarakan kepada atasan pencapaian Anda selama ini. Katakan juga bahwa selama ini Anda dapat diandalkan dalam tim. Anda juga sering memberikan ide-ide yang digunakan tim kerja Anda dalam menangani setiap proyek sehingga proyek tersebut sukses.
Mintalah penilaian atas hasil pekerjaan Anda selama ini. Bila atasan memberi penilaian positif, Anda bisa menuju pokok pembicaraan tentang peninjauan ulang apresiasi gaji yang Anda terima selama ini. Namun, jangan pernah mengatakan kepada atasan tentang perbedaan gaji Anda dan rekan kerja Anda. Sebab, hal itu dapat menimbulkan permasalahan baru.
Namun, bila atasan memberi penilaian yang sebaliknya, jangan buru-buru putus asa. Tanyakan padanya performa seperti apa yang diharapkan dari Anda. Minta bantuan untuk mengatur beban kerja Anda. Mungkin Anda bisa mengusulkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien, atau membagi beban tersebut kepada rekan kerja yang lain sehingga hasil kerja Anda lebih maksimal. (f)
Baca juga:
Punya Mentor Karier Lebih Muda di Kantor? Perhatikan 10 Hal Ini
Kena PHK Saat Perusahaan Pailit, Anda Perlu Tahu!
5 Trik Hadapi Atasan Drama Queen di Kantor
Cara Menyikapi Mutasi atau 'Dibuang' ke Divisi Lain yang Tidak Disukai
Topic
#TipKarier